27 Desember 2010

» Home » Opini » Solo Pos » Har­mo­ni ke­ru­kun­an ber­aga­ma

Har­mo­ni ke­ru­kun­an ber­aga­ma

Ca­tat­an akhir ta­hun ke­ber­aga­ma­an In­do­ne­sia ta­hun 2010 di­ni­lai ke­lam oleh be­be­ra­pa lem­ba­ga. Mo­de­ra­te Mus­lim So­ci­e­ty me­ni­lai ta­hun 2010 se­ba­gai ta­hun ke­lam ke­be­bas­an ber­aga­ma di In­do­ne­sia.

Se­pan­jang ta­hun 2010, se­ti­dak­nya ter­ja­di 81 ka­sus in­to­le­ran­si. Ya­i­tu peng­usir­an dua ka­sus, pem­bu­bar­an ke­gi­at­an atas na­ma aga­ma ti­ga ka­sus, dis­kri­mi­na­si ka­re­na ke­ya­kin­an em­pat ka­sus, pe­nye­rang­an dan pe­ru­sak­an 24 ka­sus, an­cam­an, tun­tut­an dan in­ti­mi­da­si 15 ka­sus, kri­mi­na­li­sa­si pa­ham ke­aga­ma­an ti­ga ka­sus, pe­nu­tup­an dan pe­no­la­kan ru­mah iba­dah 24 ka­sus dan peng­ha­lang­an ke­gi­at­an ber­iba­dah enam ka­sus.

Pan­tau­an The Wa­hid In­sti­tu­te se­pan­jang ta­hun 2010 me­ne­mu­kan 63 ka­sus pe­lang­gar­an ke­be­bas­an ber­aga­ma. Iro­nis­nya, pe­la­ku pe­lang­gar­an ke­be­bas­an ber­aga­ma pa­ling ba­nyak jus­tru pe­me­rin­tah dae­rah dan ke­po­li­si­an (72 per­sen). Ben­tuk pe­lang­gar­an yang di­la­ku­kan me­li­pu­ti pem­ba­tas­an dan pe­mak­sa­an un­tuk me­ning­gal­kan ke­ya­kin­an ter­ten­tu (25 ka­sus atau 40 per­sen), pen­ca­but­an izin atau pe­lang­gar­an meng­gu­na­kan ru­mah iba­dah (19 ka­sus atau 30 per­sen), ser­ta pem­bi­ar­an tin­dak ke­ke­ras­an oleh ke­lom­pok ma­sya­ra­kat ter­ha­dap umat ber­aga­ma (14 ka­sus atau 22 per­sen).

Per­ta­nya­an yang mun­cul ke­mu­di­an ada­lah ba­gai­ma­na mem­ba­ngun har­mo­ni ke­ru­kun­an umat ber­aga­ma agar tin­dak in­to­le­ran­si da­pat di­te­kan pa­da ta­hun men­da­tang?

Per­sa­ing­an

Se­tiap ter­ja­di kon­flik an­ta­ru­mat ber­aga­ma, ki­ta meng­alami ke­su­lit­an un­tuk me­ne­mu­kan akar po­kok pe­nye­bab­nya. Bah­kan pe­nye­bab uta­ma­nya se­ring­ka­li ber­akar bu­kan pa­da as­pek dok­trin yang me­ru­pa­kan in­ti aga­ma, me­la­in­kan pa­da akar se­ra­but non­teo­lo­gis, ter­uta­ma pa­da per­sa­ing­an po­li­tik dan eko­no­mi da­ri pa­ra eli­te pe­mim­pin­nya.

De­ngan de­mi­ki­an, pe­mi­cu uta­ma da­ri se­tiap kon­flik an­ta­ra­ga­ma bu­kan ka­re­na per­be­da­an dok­trin ajar­an, te­ta­pi le­bih pa­da pe­re­but­an pe­nga­ruh po­li­tik dan eko­no­mi da­ri ma­sing-ma­sing pe­me­luk­nya. Ce­la­ka­nya, se­per­ti di­pa­par­kan oleh Les­ter Kurtz da­lam Gods in the Glo­bal Vil­la­ge (1995), re­li­gio­us con­flict can be ex­tra­or­di­na­rily bit­ter, and is af­ten des­truc­ti­ve be­cau­se the par­ti­es to the dis­pu­te view them­sel­ves as res­pre­sen­ta­ti­ve of sup­rain­di­vi­du­al claims, of flighting not for them­sel­ves but on­ly for a cau­se which can gi­ve the con­flict a ra­di­ca­lism and mer­ci­less­ness.

Le­bih lan­jut, Kurtz men­je­las­kan wa­tak da­ri kon­flik an­ta­ra­ga­ma cen­de­rung meng­abai­kan kua­li­tas ke­sa­leh­an in­di­vi­du yang di­mu­su­hi dan bah­kan yang se­ring ter­ja­di ada­lah ba­ik yang me­me­rangi mau­pun yang di­pe­rangi sa­ma-sa­ma ren­dah kua­li­tas ke­ber­aga­ma­an­nya.

Di si­ni yang men­ja­di ga­ris pem­be­da ha­nya­lah se­buah si­kap pre­ju­di­ce dan se­buah ka­te­go­ri yang sa­ngat ar­ti­fi­si­al dan me­nye­sat­kan, ya­i­tu se­tiap orang yang di­ang­gap “bu­kan ke­lom­pok ki­ta” ha­rus di­mus­nah­kan. Ka­re­na kon­flik aga­ma si­fat­nya sa­ngat emo­sio­nal dan des­truk­tif ma­ka emo­si mas­sa yang ter­li­bat akan sa­ngat mu­dah di­ko­bar­kan de­ngan ca­ra di­ha­sut.

Ba­gi pi­hak yang me­ra­sa di­ru­gi­kan su­lit un­tuk ber­da­mai se­be­lum me­la­ku­kan pem­ba­las­an se­tim­pal, se­dang­kan pi­hak yang me­ra­sa ung­gul akan se­ma­kin ag­re­sif agar la­wan be­nar-be­nar lum­puh, se­hing­ga pe­lu­ang pem­ba­las­an se­ma­kin me­nyem­pit.

Se­ma­ngat un­tuk sa­ling me­mus­nah­kan akan ber­tam­bah ke­ti­ka fak­tor ke­ya­kin­an es­ka­to­lo­gis ikut an­dil, ya­i­tu ang­gap­an sia­pa yang ber­ha­sil mem­bu­nuh la­wan ber­ar­ti pin­tu sur­ga su­dah me­nung­gu. De­mi­ki­an ab­surd dan kom­pleks­nya per­ti­kai­an an­ta­ra­ga­ma se­hing­ga se­tiap kon­flik an­ta­ra­ga­ma cen­de­rung me­ru­sak prin­sip-prin­sip ke­adil­an dan hak asa­si ma­nu­sia (Ko­ma­rud­din Hi­da­yat: 2006).

Kon­flik an­ta­ra­ga­ma yang di­bum­bui oleh mo­tif eko­no­mi dan po­li­tik ha­nya akan se­ma­kin mem­per­ke­ruh si­tua­si ke­bang­sa­an. Si­tua­si ke­bang­sa­an In­do­ne­sia su­dah sa­at­nya di­ba­ngun de­ngan sua­sa­na te­nang dan da­mai. Ji­ka ke­da­mai­an di­ce­de­rai de­ngan ber­ba­gai urus­an po­li­tik (ke­kua­sa­an) dan eko­no­mi ma­ka per­so­al­an ke­aga­ma­an ha­nya di­ja­di­kan ke­dok ke­bru­tal­an pi­hak-pi­hak yang ti­dak ber­ta­ngung ja­wab.

Pia­gam Ma­di­nah

Na­mun de­mi­ki­an, in­to­le­ran­si ke­aga­ma­an yang ter­ja­di di In­do­ne­sia men­ja­di sen­ja­ka­la dan se­ka­li­gus uji­an umat ber­aga­ma. Apa yang ter­ja­di di In­do­ne­sia akhir-akhir ini me­ru­pa­kan po­tret be­ta­pa ke­lom­pok mi­no­ri­tas ma­sih di­ang­gap li­yan. Ke­lom­pok mi­no­ri­tas be­lum di­te­ri­ma de­ngan ba­ik oleh ma­sya­ra­kat dan pe­me­rin­tah. Ma­sya­ra­kat ma­sih meng­ang­gap ke­lom­pok mi­no­ri­tas se­ba­gai an­cam­an ba­gi ke­hi­dup­an umat ber­aga­ma.

Pa­da­hal ke­lom­pok mi­no­ri­tas wa­jib di­lin­dungi se­ba­gai ba­gi­an da­ri ke­hi­dup­an ber­bang­sa dan ber­ma­sya­ra­kat. Da­lam kon­sep­si Is­lam (Pia­gam Ma­di­nah) mi­sal­nya, Na­bi Mu­ham­mad me­la­rang umat Is­lam me­mu­su­hi dan me­me­rangi ka­um ka­fir dhi­mi (ke­lom­pok mi­no­ri­tas Ma­di­nah ka­la itu). Ji­ka me­re­ka di­mu­su­hi ma­ka ia akan ber­ha­da­pan lang­sung de­ngan Na­bi Mu­ham­mad.

Me­ni­lik se­ma­ngat Pia­gam Ma­di­nah da­lam mem­ba­ngun ma­sya­ra­kat ma­da­ni ini ma­ka ti­dak ada pem­be­da­aan an­ta­ra mi­no­ri­tas dan ma­yo­ri­tas. Se­mua umat ber­aga­ma mem­pu­nyai hak dan ke­wa­jib­an yang sa­ma. Se­mua umat ber­aga­ma sa­ma di ha­dap­an Tu­han, yang mem­be­da­kan ha­nya­lah kua­li­tas ke­iman­an dan peng­ab­di­an ke­pa­da Tu­han­nya.

Pe­me­rin­tah se­ba­gai pe­mang­ku ke­bi­jak­an wa­jib mem­be­ri­kan ke­mu­dah­an ba­gi umat ber­aga­ma ber­iba­dat se­ca­ra te­nang tan­pa te­kan­an. Sa­lah sa­tu­nya de­ngan mem­per­mu­dah pen­di­ri­an ru­mah iba­dah tan­pa sya­rat yang ne­ka-ne­ka dan njli­met, ser­ta men­ja­min ke­be­bas­an gu­na me­lak­sa­na­kan aga­ma se­ba­gai­ma­na ama­nat UUD 1945.

Pe­ris­ti­wa in­to­le­ran­si ti­dak bo­leh ter­ulang di ke­mu­di­an ha­ri. Su­dah sa­at­nya se­mua pi­hak sa­dar bah­wa ke­ru­kun­an umat ber­aga­ma me­ru­pa­kan mo­dal so­si­al bang­sa In­do­ne­sia. Ji­ka hal ini ter­ce­de­rai oleh ke­lom­pok-ke­lom­pok yang meng­aku ber­aga­ma, ma­ka per­lu di­per­ta­nya­kan ko­mit­men me­re­ka ter­ha­dap aga­ma yang me­re­ka ya­ki­ni.

Dan ji­ka pe­me­rin­tah mem­biar­kan hal ini te­tap ter­ja­di ma­ka kon­di­si ke­bang­sa­an In­do­ne­sia akan run­tuh ka­re­na si­kap pe­me­rin­tah yang ti­dak te­gas dan mem­biar­kan ma­sya­ra­kat­nya “ber­pe­rang” atas na­ma aga­ma. - Oleh : Ben­ni Se­tia­wan Pe­ne­li­ti Alum­nus Prog­ram Pas­ca­sar­ja­na Uni­ver­si­tas Is­lam Ne­ge­ri (UIN) Su­nan Ka­li­j


Opini Solo Pos 27 Desember 2010