27 Desember 2010

» Home » Opini » Solo Pos » Ben­ca­na se­te­lah eu­fo­ria...

Ben­ca­na se­te­lah eu­fo­ria...

Be­be­ra­pa sa­at se­te­lah Tim­nas In­do­ne­sia di­te­kuk Ma­lay­sia 0-3 di Sta­dion Bu­kit Ja­lil, Kua­la Lum­pur, se­o­rang te­man me­mu­tar la­gu ba­la­da Be­ri­ta Ke­pa­da Ka­wan mi­lik Ebi­et G Ade ke­ras-ke­ras.

Se­mua yang men­de­ngar ter­ta­wa pa­hit. Mak­lum, ba­ru sa­ja ha­rap­an yang ma­kan­tar-kan­tar ter­ha­dap Tim­nas pa­dam se­per­ti obor ter­ti­up angin. Ya, se­per­ti obor bla­rak, nya­la itu me­mang ben­de­rang, te­ta­pi ha­nya se­ke­jap.

Se­te­lah se­lu­ruh ne­ge­ri me­nik­ma­ti eu­fo­ria ke­me­nang­an de­mi ke­me­nang­an yang di­ra­ih Las­kar Ga­ru­da, ke­ka­lah­an 0-3 di fi­nal Pia­la AFF 2010, le­bih mi­rip se­ba­gai tra­ge­di ali­as ben­ca­na. Ja­di, la­gu Ebi­et yang me­lan­ko­lis me­wa­kili de­ri­ta ka­mi, ju­ga de­ri­ta rak­yat In­do­ne­sia.

Pe­la­tih ke­pa­la Tim­nas In­do­ne­sia, Al­fred Ri­edl, yang ber­wa­jah di­ngin dan nya­ris tan­pa eks­pre­si itu, ba­rang­ka­li se­ma­kin di­ngin ka­re­na ha­rus me­me­ras otak me­ra­cik ske­ma mem­ba­las ke­ka­lah­an. En­tah stra­te­gi apa yang akan di­si­ap­kan un­tuk me­me­tik ke­me­nang­an mut­lak mi­ni­mal se­li­sih 4 gol, pa­da fi­nal leg ke­dua di Sta­dion Uta­ma Ge­lo­ra Bung Kar­no.

Orang lan­tas ingat, se­be­lum be­rang­kat ke Ma­lay­sia, pe­la­tih asal Aus­tria itu ju­ga se­te­ngah ma­ti men­ja­ga agar anak asuh­nya ti­dak di­gang­gu orang atau pi­hak yang ti­dak ber­hu­bung­an lang­sung de­ngan per­si­ap­an tim­nya. Di sa­at Tim­nas se­la­lu me­me­tik ke­me­nang­an dan pa­nen pu­ji­an di ma­na-ma­na, ba­nyak pi­hak ber­usa­ha me­na­rik-na­rik un­tuk se­ka­dar num­pang pen­ci­tra­an, agar na­ma ikut ter­ke­rek.

Ri­edl su­dah mem­ba­ta­si pa­ra pe­ma­in agar ti­dak ber­hu­bung­an de­ngan me­dia ji­ka ti­dak di­per­lu­kan. Ini ca­ra stan­dar yang di­la­ku­kan ba­nyak pe­la­tih agar pa­ra pe­ma­in le­bih fo­kus ke per­tan­ding­an. Te­ta­pi akhir­nya dia ke­co­long­an ju­ga, ka­re­na sam­pai men­je­lang fi­nal leg per­ta­ma an­ta­ra Ma­lay­sia vs In­do­ne­sia ta­di ma­lam, san­ter be­re­dar ka­bar bah­wa se­jum­lah te­le­vi­si ne­kat me­wa­wan­ca­rai ang­go­ta Tim­nas yang se­dang ter­bang da­ri Ja­kar­ta ke Kua­la Lum­pur. Ko­non, ada sa­tu te­le­vi­si swas­ta ya­nag men­da­pat por­si wa­wan­ca­ra le­bih ba­nyak da­ri te­le­vi­si lain. Ada pu­la te­le­vi­si swas­ta yang me­nam­pil­kan so­sok stri­ker na­tu­ra­li­sa­si Cris­ti­an Gon­za­les, pa­da­hal sang pe­ma­in di­wa­wan­ca­rai pa­da sa­at is­ti­ra­hat di da­lam ka­mar.

Orang bi­sa sa­ja meng­hu­bung-hu­bung­kan, bi­sa sa­ja san­jung­an dan eks­po­se be­sar-be­sar­an itu men­ja­di bu­me­rang, men­ja­di bi­ang ke­la­di ke­ter­pu­ruk­an.

Se­be­lum­nya, orang ra­mai mem­per­de­bat­kan kun­jung­an Tim­nas ke ru­mah Ke­tua Umum Par­tai Gol­kar Abu­ri­zal “Ical” Ba­krie, yang di­se­but-se­but se­ba­gai ak­si pro­fit ta­king. Bu­kan di­la­ku­kan per­usa­ha­an Ba­krie di lan­tai bur­sa, ta­pi di la­ku­kan Ical di kan­cah po­li­tik.

Me­mang su­dah la­ma ke­lu­ar­ga Ba­krie de­kat de­ngan se­pak­bo­la. Me­la­lui sang adik Nir­wan Der­ma­wan Ba­krie, ke­lu­ar­ga ini su­dah la­ma ber­ge­lut de­ngan pem­bi­na­an se­pak­bo­la. Te­ta­pi nu­an­sa kun­jung­an ini mu­dah men­ja­di ra­san­an meng­ingat PSSI di­pim­pin oleh Nur­din Ha­lid, orang pen­ting Par­taia Gol­kar un­tuk wi­la­yah Ti­mur In­do­ne­sia.

Be­lum se­le­sai pro kon­tra kun­jung­an ke ru­mah Ical, Nur­din Ha­lid mem­ba­wa Tim­nas se­ka­li­gus meng­go­tong span­duk ten­tang di­ri­nya ke pe­san­tren. Jeng Ke­nes yang ti­ba-ti­ba ju­ga ikut gan­drung de­ngan pe­so­na Tim­nas ikut se­bal ju­ga.

“Nur­din Ha­lid ini se­per­ti ingin me­nun­juk­kan se­sua­tu. Ber­ka­li-ka­li span­duk du­kung­an ke­pa­da di­ri­nya di­tu­run­kan pe­non­ton di Ge­lo­ra Bung Kar­no, eh dia ne­kat pa­sang span­duk la­gi. Ki­ni dia ba­wa-ba­wa span­duk pri­ba­di ke pe­san­tren ber­sa­ma Tim­nas,” ka­ta Ke­nes. “Mu­dah-mu­da­han se­ka­rang dia mem­ba­wa span­duk bah­wa dia yang pa­ling ber­tang­gung ja­wab atas ke­ka­lah­an ini.”

Bi­sa ja­di, Nur­din Ha­lid te­ngah ke­bi­ngung­an ka­re­na di lu­ar ca­tat­an ke­me­nang­an Tim­nas ben­tuk­an PSSI, di lu­ar sa­na ber­ti­up de­ras be­ri­ta bah­wa kom­pe­ti­si kas­ta ter­ting­gi yang di­usung PSSI, Li­ga Su­per In­do­ne­sia (LSI), se­dang di­ge­ro­goti oleh ren­ca­na ber­pu­tar­nya kom­pe­ti­si Li­ga Pri­mer In­do­ne­sia (LPI). Se­jauh ini, su­dah ada be­be­ra­pa tim yang mun­dur da­ri LSI dan ber­pin­dah ke LPI, yak­ni PSM ma­kas­sar, Per­se­ma Ma­lang dan Per­si­bo Bo­jo­ne­go­ro.

Bi­sa-bi­sa se­te­lah ajang AFF 2010 se­le­sai di­ge­lar, on­tran-on­tran LPI vs LSI (PSSI) ini akan ma­kin ra­mai. Tak he­ran, Nur­din yang pa­nik me­man­fa­at­kan mo­men­tum Tim­nas ini un­tuk meng­ang­kat pa­mor, ter­ma­suk dua ka­li men­cium ta­ngan Pre­si­den SBY sa­at me­non­ton di Sta­dion Uta­ma Ge­lo­ra Bung Kar­no. Ngo­mong-ngo­mong, aca­ra cium ta­ngan SBY oleh Nur­din itu se­per­ti­nya bu­lan lo­bi yang ber­ha­sil, ka­re­na sa­at ini san­ter ter­si­ar ka­bar SBY akan me-la­un­ching kom­pe­ti­si LPI di So­lo, 8 Ja­nua­ri men­da­tang.

Ki­ni, se­te­lah In­do­ne­sia ter­an­cam ga­gal men­ja­di jua­ra Pia­la AFF, sung­guh me­na­rik me­nan­ti­kan apa yang akan di­la­ku­kan pa­ra to­koh itu. Nur­din Ha­lid di­ja­min akan se­ma­kin pu­sing, apa­la­gi dia ba­ru sa­ja mem­bu­at blun­der da­lam me­la­ya­ni pem­be­li­an ti­ket di Se­na­yan un­tuk fi­nal leg ke­dua.

Di lu­ar se­ga­la kon­flik ke­pen­ting­an yang me­ling­ku­pi PSSI, se­te­lah ke­ka­lah­an ini, me­nya­lah­kan pa­ra pe­ma­in yang ber­ju­ang di la­pang­an, je­las bu­kan pi­lih­an bi­jak. Ke­bia­sa­an ki­ta ada­lah, men­ca­ri kam­bing hi­tam atas ke­ga­gal­an yang ki­ta ala­mi, te­ta­pi ga­gal meng­am­bil pe­la­jar­an da­ri ke­ga­gal­an.

Se­ma­ngat op­ti­mis­me mes­ti di­ko­bar­kan, sam­pai ha­rap­an be­nar-be­nar pa­dam. Mes­ki ki­ni me­re­dup, se­mo­ga si­nar pres­ta­si Tim Ga­ru­da se­ge­ra kem­ba­li ke or­bit ke­me­nang­an la­gi. Ja­ngan me­nye­rah Ga­ru­daku.... - Oleh : Su­war­min War­ta­wan SO­LO­POS


Opini Solo Pos 27 Desember 2010