28 Desember 2010

» Home » Opini » Solo Pos » Ber­ta­ni me­nu­ju swa­sem­ba­da pa­ngan

Ber­ta­ni me­nu­ju swa­sem­ba­da pa­ngan

Be­be­ra­pa ha­ri ter­akhir ini ma­sya­ra­kat ter­be­ba­ni oleh har­ga-har­ga ke­bu­tuh­an po­kok yang na­ik se­ca­ra dras­tis.

Har­ga ke­bu­tuh­an po­kok yang meng­alami ke­na­ik­an ter­se­but di an­ta­ra­nya ada­lah be­ras yang men­ca­pai har­ga Rp 7000/kg, ca­bai yang men­ca­pai Rp 60.000 / Kg. Se­dang­kan gu­la me­mang ti­dak meng­alami ke­na­ik­an ka­re­na har­ga­nya me­mang su­dah cu­kup ting­gi ya­i­tu Rp 10.000/kg.

Ke­na­ik­an ber­ba­gai har­ga ke­bu­tuh­an po­kok ter­se­but se­ma­kin me­nam­bah be­ban hi­dup ma­sya­ra­kat ki­ta da­lam upa­ya me­me­nuhi ke­bu­tuh­an hi­dup yang me­mang te­ra­sa su­lit akhir-akhir ini. Dan yang cu­kup me­ra­sakan dam­pak ke­na­ik­an har­ga-har­ga ter­se­but pas­ti ma­sya­ra­kat me­ne­ngah ke ba­wah. Hal ini da­pat ber­aki­bat ter­ja­di­nya frus­ta­si so­si­al da­lam ma­sya­ra­kat ki­ta.

Pe­me­rin­tah se­ba­gai pi­hak yang tu­rut ber­tang­gug­ja­wab da­lam me­ngon­trol har­ga ke­bu­tuh­an po­kok se­la­lu ber­alas­an ke­na­ik­an har­ga ter­se­but di­se­bab­kan oleh ga­gal pa­nen aki­bat cua­ca eks­trem. Khu­sus ko­mo­di­tas ca­bai, pe­me­rin­tah me­nga­ta­kan ke­na­ik­an har­ga aki­bat ber­ku­rang­nya pa­so­kan ca­bai da­ri Dae­rah Is­ti­me­wa Yog­ya­kar­ta (DIY) aki­bat erup­si Me­ra­pi.

Hal ini mem­buk­ti­kan bah­wa sen­tra pro­duk­si ca­bai ki­ta ma­sih sa­ngat ter­ba­tas. Ke­ti­ka sua­tu dae­rah sen­tra ter­ke­na ben­ca­na atau ga­gal pa­nen ma­ka oto­ma­tis ke­bu­tuh­an pa­ngan ki­ta ter­gang­gu yang ber­aki­bat har­ga me­lon­jak.

Gu­na meng­atasi ke­na­ik­an har­ga pe­me­rin­tah me­nam­bah stok be­ras na­sio­nal de­ngan ca­ra yang nor­ma­tif dan ter­ke­san ber­jang­ka pen­dek ya­i­tu de­ngan meng­im­por 250.000 ton be­ras da­ri Viet­nam. Iro­nis me­mang, In­do­ne­sia yang di­ke­nal se­ba­gai ne­ga­ra ag­ra­ris ki­ni tak mam­pu men­cu­kupi ke­bu­tuh­an pa­ngan­nya sen­di­ri. Be­ras dan ca­bai se­ha­rus­nya me­ru­pa­kan ko­mo­di­tas yang me­lim­pah ru­ah di ne­ge­ri ini.

Ma­hal­nya har­ga tak le­pas da­ri ke­ter­ba­tas­an stok dan per­ma­in­an har­ga oleh pa­ra pe­da­gang be­sar. Pe­ta­ni ki­ta be­lum men­ja­di tu­an di ne­ge­ri­nya sen­di­ri. Pe­ta­ni ki­ta sam­pai sa­aat ini ha­nya meng­ha­sil­kan pro­duk tan­pa mam­pu me­ma­in­kan har­ga. Apa­la­gi de­ngan pro­duk­ti­vi­tas yang se­ma­kin me­nu­run je­las me­nye­bab­kan per­ta­ni­an ki­ta se­ma­kin ter­pu­ruk.

Ke­na­pa pro­duk­ti­vi­tas be­ras dan pro­duk per­ta­ni­an ki­ta sa­at ini ti­dak mam­pu men­cu­kupi ke­bu­tuh­an pa­ngan na­sio­nal? Apa­kah fak­tor cua­ca yang akan se­la­lu men­ja­di kam­bing hi­tam? Tam­pak­nya pe­me­rin­tah ha­rus men­ca­ri kon­sep lain da­lam mem­ba­ngun per­ta­ni­an ki­ta.

Me­nu­rut sa­ya ti­dak se­la­ma­nya cua­ca yang mes­ti di­kam­bin­ghi­tam­kan. Ke­mam­pu­an ki­ta mem­pro­duk­si­lah yang me­nu­run. Hal ini di­se­bab­kan—di an­ta­ra­nya—alih fung­si la­han per­ta­ni­an dan me­nu­run­nya mi­nat ma­sya­ra­kat ki­ta ter­jun di du­nia per­ta­ni­an.

Pe­ta­ni ki­ni di­ang­gap pro­fe­si ku­rang mem­be­ri ja­min­an ma­sa de­pan. Ki­ta li­hat ba­nyak anak–anak mu­da de­sa (ter­ma­suk sa­ya) yang eng­gan ter­jun ke bi­dang per­ta­ni­an.

Pro­pet­ani

Pro­fe­si pe­ta­ni ti­dak eli­tis dan ku­rang mem­be­ri ja­min­an ke­lang­sung­an hi­dup. Me­re­ka le­bih ter­ta­rik men­ja­di bu­ruh pab­rik atau ber­ur­ba­ni­sa­si ke ko­ta. Se­dang­kan go­lo­gan anak mu­da yang me­nge­yam pen­di­dik­an per­gu­ru­an ting­gi ti­dak ber­mi­nat me­li­rik per­ta­ni­an. Pa­ra sar­ja­na itu—ter­uta­ma sar­ja­na per­ta­ni­an—le­bih ba­nyak be­ker­ja di sek­tor per­bank­an, ja­sa dan bi­dang lain­nya.

Aki­bat­nya, yang ter­si­sa ada­lah pa­ra pe­ta­ni ki­ta yang ber­pen­di­dik­an ren­dah, ku­rang ino­va­tif dan ga­gap tek­no­lo­gi. Me­re­ka pa­da umum­nya ti­dak me­mi­liki ke­mam­pu­an ma­na­je­men pas­cap­anen. Aki­bat­nya, ke­ti­ka me­re­ka pa­nen, pe­da­gang atau teng­ku­lak yang me­nen­tu­kan har­ga. Me­re­ka ter­pak­sa me­nye­tu­jui har­ga yang mung­kin di ba­wah bia­ya pro­duk­si ka­re­na tak mam­pu me­nyim­pan ha­sil pa­nen le­bih la­ma. Sing­kat­nya pe­ta­ni ki­ta be­lum mam­pu men­ja­di pe­ma­in, jus­tru me­re­ka ada­lah pi­hak yang se­ring di­per­ma­in­kan.

Alih fung­si la­han per­ta­ni­an pro­duk­tif men­ja­di ka­was­an pe­ru­mah­an, per­kan­tor­an dan pu­sat per­be­lan­ja­an ju­ga me­ru­pakn fak­tor yang ki­an me­nu­ruk­an pro­duk­ti­vi­tas per­ta­ni­an ki­ta. Ik­lim usa­ha ta­ni yang ku­rang men­du­kung meng­aki­bat­kan ke­ti­ka pa­ra kon­trak­tor dan peng­usa­ha mem­be­li ta­nah me­re­ka de­ngan har­ga ting­gi me­re­ka pun men­ju­al­nya.

Ka­lau su­dah se­de­mi­ki­an, apa yang mes­ti di­la­ku­kan pe­me­rin­tah? Bu­kan­kah pi­lih­an pro­fe­si ada­lah hak se­tiap war­ga ne­ga­ra dan men­ju­al ta­nah ada­lah ju­ga hak se­tiap pe­mi­lik ta­nah?

Pe­me­rin­tah pu­sat dan dae­rah per­lu meng­ka­ji la­gi dan mem­bu­at kon­sep per­ta­ni­an ber­jang­ka pan­jang me­nu­ju swa­sem­ba­da pa­ngan. Pe­me­rin­tah per­lu mem­be­ri­kan ik­lim usa­ha yang nya­man di bi­dang per­ta­ni­an me­la­lui ke­bi­jak­an yang pro­pet­ani.

De­ngan ik­lim usa­ha yang nya­man me­la­lui ke­bi­jak­an pro­pet­ani di­ha­rap­kan ge­ne­ra­si mu­da ber­mi­nat ter­jun ke sek­tor per­ta­ni­an, se­hing­ga sen­tra per­ta­ni­an ti­dak ha­nya di ti­tik-ti­tik ter­ten­tu, akan te­ta­pi me­nye­bar se­hing­ga pro­duk­ti­vi­tas ki­ta pun me­ning­kat.

Da­lam hal ini pe­me­rin­tah da­pat meng­gan­deng aka­de­mi­si yang ber­kom­pe­ten. De­sa se­ba­gai ujung tom­bak per­ta­ni­an mes­ti di­kem­bang­kan, in­fra­struk­tur mes­ti di­ba­ngun, dan sum­ber da­ya pe­ta­ni ki­ta ha­rus di­ting­kat­kan me­la­lu pe­la­tih­an dan kur­sus-kur­sus.

Ten­tu­nya hal ini bu­kan­lah sua­tu hal yang se­mu­dah meng­ucap­kan­nya dan mem­bu­tuh­kan ang­gar­an yang ti­dak se­di­kit. Na­mun, ti­dak ada sa­lah­nya pe­me­rin­tah meng­alo­ka­si­kan ang­gar­an yang cu­kup un­tuk per­ta­ni­an ki­ta ji­ka je­las kon­sep dan peng­awas­an­nya.

Ke­mau­an po­li­tik pe­me­rin­tah sa­ngat di­per­lu­kan da­lam hal ini. De­ngan ko­mit­men sung­guh-sung­guh bu­kan sua­tu hal yang mus­ta­hil men­ja­di­kan ki­ta kem­ba­li ber­swa­sem­ba­da pa­ngan. - Oleh : Da­ryo­no Pe­ser­ta Pe­la­tih­an Per­ta­ni­an Khu­sus Ak­ti­vis Pe­san­tren KTB BP2ER di Ca­riu, Bo­gor


Opini Solo Pos 29 Desember 2010