27 Desember 2010

» Home » Opini » Solo Pos » Tim­nas dan du­kung­an in­stan pub­lik

Tim­nas dan du­kung­an in­stan pub­lik

Di­elu-elu­kan 15.000-an su­por­ter dan di­re­cokin oleh 70.000-an su­por­ter la­wan di Sta­dion Bu­kit Ja­lil Ma­lay­sia, ser­ta di­sak­si­kan ra­tus­an ju­ta pe­mir­sa me­la­lui la­yar ka­ca, pa­ra pe­ma­in Tim­nas se­pak bo­la ki­ta me­nun­juk­kan pe­nam­pil­an yang sa­ngat je­lek di la­pang­an.

Pa­da akhir­nya, tim asuh­an pe­la­tih Al­fred Ri­edl ter­se­but ha­rus me­ne­lan ke­ka­lah­an da­ri tim tu­an ru­mah Ma­lay­sia 0-3. Ten­tu sa­ja, per­tan­ding­an ber­geng­si di Asia ter­se­but ber­ak­hir de­ngan ke­ke­ce­wa­an yang men­da­lam, ter­uta­ma ba­gi ma­sya­ra­kat peng­ge­mar se­pak bo­la di Ta­nah Air, wa­lau ke­ke­ce­wa­an itu ma­sih da­pat di­te­bus di la­ga fi­nal ber­ikut­nya, 29 De­sem­ber 2010 di Ja­kar­ta.

Ada­kah se­sua­tu yang sa­lah de­ngan pa­ra pe­ma­in ki­ta Ming­gu ma­lam la­lu? Ja­wab­an­nya ten­tu sa­ngat re­la­tif dan mul­ti­per­sep­si. Na­mun, se­ga­la­nya te­lah ter­ja­di dan ki­ta ti­dak bo­leh sa­ling tu­ding un­tuk men­ca­ri-ca­ri kam­bing hi­tam pe­nye­bab ke­ka­lah­an Tim­nas ke­bang­ga­an ki­ta.

Orang bi­jak se­la­lu me­nga­ta­kan bah­wa di­ba­lik ke­ka­lah­an dan ke­ga­gal­an ten­tu ba­nyak pe­la­jar­an yang ber­har­ga. Ma­ri­lah ki­ta co­ba un­tuk se­la­lu me­li­hat si­si po­si­tif da­ri ke­ka­lah­an Tim­nas. Ma­sih ada ha­ri esok un­tuk me­nem­pat­kan ke­me­nang­an ke pi­hak Tim­nas ki­ta. Se­pak­bo­la ki­ta be­lum kia­mat!

Pe­nam­pil­an at­let

Pe­nam­pil­an at­let de­ngan se­ga­la ma­ni­fes­ta­si­nya di la­pang­an se­be­nar­nya ter­ben­tuk me­la­lui pro­ses yang sa­ngat pan­jang. Ter­da­pat ba­nyak va­ria­bel yang tu­rut me­war­nai pe­nam­pil­an at­let di lu­ar va­ria­bel fi­sik, tek­nik dan pe­ngem­bang­an stra­te­gi.

Pres­ta­si yang da­pat di­tun­juk­kan ti­dak se­ka­dar bu­ah da­ri la­tih­an ke­ras yang di­lak­sa­na­kan se­ca­ra prog­re­sif, sis­te­ma­tis dan te­rus me­ne­rus. Hal itu­lah yang ha­rus men­ja­di per­tim­bang­an bah­wa ke­he­bat­an se­buah ke­se­be­las­an se­pak bo­la ti­dak se­ka­dar kum­pul­an at­let-at­let he­bat, te­ta­pi ju­ga me­ru­pa­kan tim yang me­mi­liki ka­rak­ter se­ba­gai tim yang ku­at dan tang­guh.

Ke­ku­at­an dan ke­tang­guh­an bu­kan ha­nya un­tuk meng­atasi ke­per­ka­sa­an la­wan, te­ta­pi yang ju­ga sa­ngat pen­ting dan uta­ma ada­lah ke­ma­tang­an dan ke­mam­pu­an me­ngen­da­li­kan di­ri, se­ca­ra per­orang­an mau­pun tim da­lam meng­ha­dapi te­kan­an-te­kan­an yang da­tang da­ri kha­la­yak. De­ngan ka­ta lain, as­pek men­ta­li­tas at­let me­ru­pa­kan hal yang sa­ngat pen­ting da­lam ke­se­mes­ta­an pe­nam­pil­an at­let.

Se­tiap pe­la­tih se­ka­li­ber Ri­edl ten­tu sa­ngat me­ma­hami hal ter­se­but. Peng­urus per­se­pak­bo­la­an Ta­nah Air ju­ga sa­ngat me­ma­hami. Per­ta­nya­an­nya ada­lah su­dah efek­tif­kan tre­at­ment yang se­la­ma ini di­la­ku­kan pa­ra peng­urus un­tuk mem­be­ka­li men­ta­li­tas at­let Tim­nas se­pak bo­la ki­ta?

Ko­non, se­pak bo­la itu men­cer­min­kan me­ka­nis­me ke­ku­at­an so­si­al da­ri se­buah bang­sa. Se­pak bo­la me­re­pre­sen­ta­si­kan da­ya ju­ang se­buah bang­sa. Se­pak bo­la me­ru­pa­kan sam­pel da­ri ke­mam­pu­an bang­sa da­lam be­ker­ja sa­ma meng­atasi ke­me­lut un­tuk men­ca­pai tu­ju­an.

Wa­lau­pun itu ba­ru se­ba­tas pa­da sua­tu hi­po­te­sis, te­ta­pi ada ba­ik­nya ki­ta se­men­ta­ra ini me­nga­mi­ni. Ar­ti­nya, ki­ta ti­dak ber­le­bih­an ji­ka pe­nam­pil­an tim se­pak bo­la ki­ta iden­tik­kan de­ngan ke­cen­de­rung­an pe­nam­pil­an ma­sya­ra­kat ki­ta pa­da umum­nya. Ki­ta ha­rus meng­gu­na­kan ka­ca beng­ga­la un­tuk me­li­hat bah­wa ma­sya­ra­kat ki­ta ma­sih be­lum me­mi­liki men­ta­li­tas bu­da­ya pres­ta­si yang ba­ik.

Ma­sya­ra­kat ki­ta ma­sya­ra­kat yang mu­dah men­ce­mooh atas ke­ga­gal­an dan ce­pat se­ka­li me­nyan­jung se­ca­ra ber­le­bih­an atas hal-hal yang mem­bu­at bang­ga. De­ngan ka­ta lain as­pek emo­sio­nal du­kung­an ma­sya­ra­kat sa­ngat men­do­mi­na­si dan meng­awal per­ja­lan­an per­se­pak­bo­la­an ki­ta se­la­ma ini. Ba­nyak pe­nik­mat se­pak bo­la di Ta­nah Air, itu sa­ngat meng­un­tung­kan. Te­ta­pi efu­fo­ria ber­le­bih­an se­ba­gai­ma­na yang se­la­ma ini ter­ja­di akan ber­dam­pak se­rius ba­gi pe­nam­pil­an at­let yang men­da­pat­kan le­dak­an du­kung­an in­stan da­ri pub­lik.

Pro­por­sio­nal

Sa­lah­kah du­kung­an be­sar da­ri ma­sya­ra­kat peng­ge­mar se­pak bo­la ter­ha­dap ke­se­be­las­an ke­bang­ga­an­nya? Ja­wab­an­nya pas­ti ti­dak sa­lah, bah­kan du­kung­an ma­sya­ra­kat itu sa­ngat di­bu­tuh­kan dan ha­rus. Te­ta­pi, du­kung­an yang ti­dak pro­por­sio­nal dan in­stan da­ri pub­lik akan me­nim­bul­kan ma­sa­lah yang di lu­ar du­ga­an. Ber­dam­pak bu­ruk ba­gi pe­nam­pil­an at­let.

Ba­gai­ma­na­pun ju­ga du­kung­an pub­lik itu ha­nya akan mem­per­bai­ki pe­nam­pil­an at­let da­lam do­sis yang te­pat. Da­lam do­sis yang ber­le­bih­an, du­kung­an akan ber­ubah da­ri mem­be­ri mo­ti­va­si men­ja­di be­ban. Dan itu­lah yang ter­ja­di pa­da pa­ra pe­ma­in Tim­nas se­pak bo­la ki­ta. Tim ki­ta meng­alami an­ti­kli­maks jus­tru pa­da sa­at me­ma­su­ki fi­nal.

Du­kung­an yang in­stan da­ri ma­sya­ra­kat iba­rat mem­be­ri­kan se­ma­cam per­ha­ti­an ber­le­bih ter­ha­dap ”ob­jek ton­to­nan” yang se­la­ma ini di­ang­gap ku­rang di­mi­na­ti ka­re­na ”bo­la ki­ta ti­dak me­na­rik dan ti­dak da­pat di­bang­ga­kan”.

Se­te­lah meng­ha­jar tim tang­guh Asia Teng­ga­ra se­per­ti Thai­land dan Fi­li­pi­na, de­but ke­se­be­las­an ki­ta me­ma­su­ki era yang ingar-bi­ngar. Me­dia mas­sa tu­rut me­li­pat­gan­da­kan re­so­nan­si du­kung­an. Be­be­ra­pa pe­ja­bat de­ngan sa­ngat pre­ma­tur mem­bu­at sta­te­ment,”Ini­lah era ke­bang­kit­an se­pak bo­la ki­ta!” Se­le­bra­si pub­lik yang ter­la­lu mem­bang­ga-bang­ga­kan Tim­nas me­war­nai la­yar ka­ca dan po­pu­la­ri­tas­nya me­le­bi­hi ka­um se­le­bri­tas.

Per­se­pak­bo­la­an ki­ta, ter­ma­suk ju­ga ca­bang-ca­bang olah­ra­ga lain mem­bu­tuh­kan du­kung­an pub­lik, te­ta­pi ti­dak se­ca­ra in­stan. Du­kung­an yang sis­te­ma­tis da­ri pub­lik di­bu­tuh­kan un­tuk meng­hin­dar­kan pe­nga­ruh bu­ruk ter­ha­dap pe­nam­pil­an at­let pa­da sa­at ha­rus me­nun­juk­kan pres­ta­si pun­cak. Itu pe­la­jar­an yang per­ta­ma, bah­wa ki­ta ter­nya­ta ju­ga men­ja­di ba­gi­an da­ri pe­nye­bab ke­ka­lah­an du­ta-du­ta olah­ra­ga ki­ta.

Tan­pa di­sa­da­ri ki­ta su­dah ter­bia­sa ”meng­har­dik dan men­ca­ci-ma­ki” at­let pa­da sa­at ti­dak ber­pres­ta­si, te­ta­pi ”mem­be­ri san­jung­an ber­le­bih” sa­at pa­ra at­let ber­pres­ta­si. Ki­ta ju­ga ti­dak sa­dar ka­lau se­la­ma ini su­ka me­man­dang at­let de­ngan se­be­lah ma­ta, meng­alih­fung­si­kan la­pang­an olah­ra­ga un­tuk hal yang lain, ti­dak me­me­du­li­kan ma­sa de­pan at­let, dan ma­sih ba­nyak la­gi du­kung­an-du­kung­an sis­te­ma­tis yang be­lum ki­ta la­ku­kan. Se­ka­li la­gi be­lum ter­lam­bat ba­gi ki­ta un­tuk men­ja­di ba­gi­an da­ri ma­sya­ra­kat yang men­du­kung ma­sa de­pan ke­ja­ya­an se­pak bo­la na­sio­nal. - Oleh : Agus Kris­ti­yan­to Do­sen Ju­rus­an Pen­di­dik­an Olah­ra­ga dan Ke­se­hat­an FKIP UNS


Opini Solo Pos 28 Desember 2010