29 Desember 2010

» Home » Opini » Solo Pos » Mo­men­tum per­ba­ik­an eko­no­mi 2011

Mo­men­tum per­ba­ik­an eko­no­mi 2011

Akhir 2010 ini, ada se­de­ret op­ti­mis­me ter­kait de­ngan pros­pek eko­no­mi In­do­ne­sia ta­hun 2011 nan­ti. Op­ti­mis­me ini ber­sum­ber da­ri ma­suk­nya alir­an mo­dal da­ri pa­ra in­ves­tor glo­bal ke pa­sar ke­uang­an In­do­ne­sia.

Apa yang men­ja­di pe­nye­bab ma­suk­nya alir­an mo­dal asing ini? Pe­nye­bab uta­ma da­ri kon­di­si ini ada­lah kri­sis utang lu­ar ne­ge­ri yang me­lan­da Ero­pa. Kri­sis utang di Ero­pa di­tan­dai de­ngan ga­gal ba­yar (de­fault) da­ri Yu­na­ni. Kon­di­si ini me­mak­sa Bank Sen­tral Ero­pa mem­be­ri­kan sun­ti­kan da­na (bai­lout) ke­pa­da ne­ga­ra ter­se­but. Na­mun de­mi­ki­an, efek me­nu­lar (con­ta­gio­us ef­fect) da­ri kri­sis utang Yu­na­ni su­dah te­lan­jur ber­dam­pak pa­da ne­ga­ra Ero­pa lain­nya. Ir­lan­dia ada­lah ne­ga­ra Ero­pa Ba­rat ber­ikut­nya yang meng­alami ke­bang­krut­an dan sek­tor per­bank­an­nya ham­pir lum­puh. Bank Sen­tral Ero­pa se­lan­jut­nya se­tu­ju un­tuk mem­be­ri­kan sun­ti­kan da­na ke­pa­da Ir­lan­dia.

Apa pe­nye­bab kri­sis hu­tang lu­ar ne­ge­ri Ero­pa Ba­rat? Pe­nye­bab uta­ma­nya ada­lah ke­ti­dak­di­sip­lin­an ne­ga­ra-ne­ga­ra Ero­pa ter­se­but un­tuk me­ngen­da­li­kan utang lu­ar ne­ge­ri­nya. Ke­se­pa­kat­an da­ri IMF dan OECD (Or­ga­ni­sa­si Ne­ga­ra Ma­ju) me­nya­ta­kan ba­tas mak­si­mal per­ban­ding­an utang lu­ar ne­ge­ri de­ngan PDB ada­lah 60 per­sen. Fak­ta­nya, ba­nyak se­ka­li ne­ga­ra-ne­ga­ra Ero­pa se­per­ti Spa­nyol, Por­tu­gal dan Ita­lia mem­pu­nyai per­ban­ding­an utang lu­ar ne­ge­ri de­ngan PDB men­ca­pai 80 per­sen.

Kri­sis utang lu­ar ne­ge­ri Ero­pa ada­lah fak­tor eks­ter­nal yang mem­pe­nga­ru­hi kon­di­si eko­no­mi In­do­ne­sia. Fak­tor in­ter­nal yang bi­sa mem­pe­nga­ru­hi kon­di­si eko­no­mi In­do­ne­sia pa­da 2011 ada­lah ren­ca­na pe­me­rin­tah me­la­ku­kan pem­ba­tas­an BBM sub­si­di ba­gi pe­mi­lik mo­bil pri­ba­di. Hal ini di­la­ku­kan ka­re­na peng­gu­na­an BBM sub­si­di 2010 men­ca­pai 40 ju­ta ki­lo­li­ter. APBN 2011 meng­ang­gar­kan Rp 92,785 tri­li­un, se­dang­kan kon­sum­si BBM ta­hun 2011 di­per­ki­ra­kan men­ca­pai 42,5 ju­ta ki­lo­li­ter. Se­lain itu, ke­bi­jak­an eko­no­mi pe­me­rin­tah da­lam mem­ber­da­ya­kan sek­tor ri­il dan pem­ba­ngun­an in­fra­struk­tur me­ru­pa­kan fak­tor kun­ci yang bi­sa mem­pe­nga­ru­hi kon­di­si per­eko­no­mi­an na­sio­nal 2011.

Pe­lu­ang

In­ves­tor glo­bal, sa­at ini, men­ja­uhi pa­sar ke­uang­an AS dan Ero­pa. Pa­sar ke­uang­an Ame­ri­ka Se­ri­kat di­ja­u­hi ka­re­na im­bal ba­lik (yi­eld) da­ri ob­li­ga­si dan su­rat ber­har­ga di ne­ga­ra itu ren­dah. Hal ini ti­dak le­pas da­ri ke­bi­jak­an pe­nu­ru­nan bu­nga yang di­la­ku­kan Bank Sen­tral Ame­ri­ka Se­ri­kat (Fe­de­ral Re­ser­ve Bank) un­tuk men­do­rong sek­tor ri­il agar ber­ge­rak kem­ba­li. Ting­kat bu­nga di Ame­ri­ka Se­ri­kat sa­at ini nya­ris 0 per­sen. Ero­pa ju­ga di­ja­u­hi in­ves­tor ka­re­na ke­ti­dak­pas­ti­an kon­di­si di Be­nua Bi­ru ini. Per­nya­ta­an ter­ba­ru da­ri oto­ri­tas Bank Sen­tral Ero­pa bah­wa me­re­ka ti­dak pu­nya cu­kup da­na un­tuk me­la­ku­kan bai­lout ji­ka kri­sis utang lu­ar ne­ge­ri me­luas bi­sa ber­dam­pak ne­ga­tif ba­gi per­eko­no­mi­an di be­nua ter­se­but.

Le­su­nya per­eko­no­mi­an AS dan Ero­pa ini mem­bu­at pa­ra in­ves­tor meng­alih­kan da­na­nya ke pa­sar ne­ga­ra ber­kem­bang (emer­ging mar­ket). Per­tim­bang­an­nya, im­bal ba­lik di ne­ga­ra-ne­ga­ra ber­kem­bang ter­ma­suk In­do­ne­sia men­jan­ji­kan ke­un­tung­an yang be­sar ba­gi pa­ra in­ves­tor. Sam­pai de­ngan De­sem­ber 2010 ini, In­deks Har­ga Sa­ham Ga­bung­an (IHSG) Bur­sa Efek In­do­ne­sia (BEI) te­rus meng­alami ke­na­ik­an yang me­nun­juk­kan bah­wa alir­an mo­dal ma­suk ke pa­sar ke­uang­an In­do­ne­sia sa­ngat ting­gi.

Ber­da­sar­kan fak­ta di atas, pa­sar ke­uang­an In­do­ne­sia pa­da 2011 ke­ban­jir­an mo­dal asing. Per­ma­sa­lah­an­nya ada­lah ba­gai­ma­na per­eko­no­mi­an In­do­ne­sia bi­sa me­man­fa­at­kan alir­an mo­dal asing ter­se­but? Ada be­be­ra­pa ke­bi­jak­an kun­ci yang bi­sa mem­bu­at alir­an mo­dal asing ter­se­but di­per­gu­na­kan un­tuk mem­bia­yai eks­pan­si sek­tor ri­il. Per­ta­ma, pe­nu­ru­nan ting­kat bu­nga per­bank­an. Bu­nga SBI sa­at ini ha­nya enam per­sen te­ta­pi ke­bi­jak­an Bank In­do­ne­sia me­na­ik­kan Gi­ro Wa­jib Mi­ni­mum (GWM) men­ja­di alas­an ba­gi per­bank­an un­tuk me­na­ik­kan su­ku bu­nga pin­jam­an. Bank In­do­ne­sia bi­sa mem­bu­at te­ro­bos­an-te­ro­bos­an yang bi­sa me­mak­sa per­bank­an me­nu­run­kan ting­kat bu­nga­nya. Ke­bi­jak­an Kre­dit Usa­ha Rak­yat (KUR) de­ngan bu­nga 14 per­sen ada­lah con­toh te­ro­bos­an yang bi­sa me­mak­sa per­bank­an me­nu­run­kan ting­kat bu­nga kre­dit me­re­ka.

Ke­dua, per­ce­pat­an pem­ba­ngun­an dan per­ba­ik­an in­fra­struk­tur. Pe­me­rin­tah ti­dak bi­sa ha­nya meng­an­dal­kan in­ves­tor un­tuk me­mu­lai pem­ba­ngun­an in­fra­struk­tur. Ki­ta bi­sa me­li­hat bah­wa In­fra­stuc­tu­re Sum­mit yang me­na­war­kan pro­yek in­fra­struk­tur pa­da in­ves­tor ti­dak ber­ja­lan de­ngan ba­ik ka­re­na ken­da­la di la­pang­an ba­ik be­ru­pa bi­ro­kra­si yang ti­dak tang­gap mau­pun be­be­ra­pa re­gu­la­si yang sa­ling tum­pang tin­dih. APBN 2011 se­be­nar­nya mem­pu­nyai ke­ku­at­an un­tuk me­lak­sa­na­kan pem­ba­ngun­an in­fra­struk­tur. Pe­me­rin­tah ha­rus mu­lai mem­per­tim­bang­kan un­tuk mem­bia­yai pro­yek in­fra­struk­tur yang stra­te­gis dan men­do­rong per­tum­buh­an eko­no­mi. Se­ba­gai con­toh, pem­ba­ngun­an ja­lan tol di Ja­wa dan pe­la­bu­han-pe­la­bu­han stra­te­gis ter­ma­suk in­fra­struk­tur pen­du­kung bi­sa mem­be­ri­kan dam­pak lang­sung ba­gi per­eko­no­mi­an.

Ke­ti­ga, per­ce­pat­an re­for­ma­si bi­ro­kra­si. Sum­ber ke­ti­dak­pas­ti­an di In­do­ne­sia ada­lah bi­ro­kra­si. Bi­ro­kra­si In­do­ne­sia jus­tru ber­ang­gap­an bah­wa ke­ti­dak­pas­ti­an me­ru­pa­kan sum­ber peng­hi­dup­an se­hing­ga ter­ja­di kon­flik ke­pen­ting­an da­lam usa­ha re­for­ma­si bi­ro­kra­si. Oleh ka­re­na itu, re­for­ma­si bi­ro­kra­si ha­rus di­la­ku­kan de­ngan ca­ra yang le­bih ra­di­kal de­ngan pem­be­ri­an hu­kum­an le­bih be­rat ba­gi bi­ro­krat yang me­lang­gar per­atur­an dan me­la­ku­kan tin­dak pi­da­na ko­rup­si.

Cu­kup wak­tu

Ke­bia­sa­an pe­me­rin­tah di era re­for­ma­si ini ada­lah se­la­lu ke­hi­lang­an mo­men­tum pa­da sa­at kon­di­si eks­ter­nal mem­be­ri­kan pe­lu­ang un­tuk pe­mu­li­han eko­no­mi. Ma­suk­nya alir­an mo­dal asing ke In­do­ne­sia akan ter­ja­di da­lam jang­ka me­ne­ngah ar­ti­nya bi­sa ter­ja­di se­la­ma 3-5 ta­hun ka­re­na ke­ti­dak­je­las­an pro­ses pe­mu­li­han eko­no­mi di AS dan Ero­pa. Oleh ka­re­na itu, ke­bi­jak­an yang si­fat­nya me­ru­pa­kan per­ubah­an struk­tu­ral bi­sa di­la­ku­kan. Pa­ling ti­dak mem­be­ri­kan si­nyal yang po­si­tif pa­da pa­ra in­ves­tor ten­tang per­ba­ik­an in­fra­struk­tur dan re­for­ma­si bi­ro­kra­si bi­sa ber­dam­pak po­si­tif pa­da per­eko­no­mi­an na­sio­nal.

Rak­yat su­dah la­ma me­nung­gu ada per­ba­ik­an ri­il per­eko­no­mi­an na­sio­nal. Pe­me­rin­tah ti­dak la­gi bi­sa ber­sem­bu­nyi di ba­lik in­di­ka­tor mak­ro eko­no­mi se­per­ti ni­lai tu­kar yang sta­bil, in­fla­si di ba­wah dua di­git dan in­ves­ta­si di sek­tor ke­uang­an yang di­tan­dai de­ngan ang­ka IHSG yang te­rus me­ning­kat. In­di­ka­tor mak­ro eko­no­mi itu pen­ting te­ta­pi ti­dak cu­kup men­je­las­kan ke­se­jah­te­ra­an rak­yat. Ke­se­jah­te­ra­an rak­yat di­ukur de­ngan se­be­ra­pa ba­nyak rak­yat bi­sa men­da­pat­kan pe­ker­ja­an de­ngan upah yang la­yak, ja­min­an ke­se­hat­an ba­gi ma­sya­ra­kat pa­ling mis­kin dan ak­ses pen­di­dik­an ba­gi se­mua ke­lom­pok ma­sya­ra­kat. Ti­ga hal itu­lah yang men­ja­di ha­ki­kat dan tu­ju­an pem­ba­ngun­an eko­no­mi. - Oleh : An­ton A Set­ya­wan Do­sen FE UMS, kan­di­dat dok­tor Il­mu Ma­na­je­men UGM


Opini Solo Pos 30 Desember 2010