07 Januari 2011

» Home » Opini » Solo Pos » Ber­aga­ma ta­pi kri­sis spi­ri­tua­li­tas

Ber­aga­ma ta­pi kri­sis spi­ri­tua­li­tas

Sam­pai sa­at ini, ber­ba­gai upa­ya pe­me­rin­tah da­lam mem­be­ran­tas ko­rup­si di In­do­ne­sia mu­lai da­ri pem­ben­tuk­an atur­an hing­ga pe­ngu­at­an lem­ba­ga-lem­ba­ga pe­ne­gak hu­kum be­lum me­nun­juk­kan ting­kat ke­ber­ha­sil­an me­ma­dai.

Ko­rup­si ma­sih meng­gu­ri­ta di ne­ge­ri ini.

Ka­sus de­mi ka­sus ko­rup­si da­tang si­lih ber­gan­ti. Ko­mi­si Pem­be­ran­tas­an Ko­rup­si (KPK) ma­sih sa­ja me­ne­mu­kan ben­tuk-ben­tuk pe­nye­le­weng­an ko­rup­si oleh pe­nye­leng­ga­ra ne­ga­ra da­ri pu­sat hing­ga dae­rah. Aneh­nya, se­ma­kin ba­nyak tak­tik dan stra­te­gi yang di­buat un­tuk mem­be­ran­tas ko­rup­si, se­ma­kin ba­nyak pu­la pe­ri­la­ku ko­rup­tif.

Pa­da­hal, pa­da ko­rup­tor itu ber­aga­ma. Se­ha­rus­nya me­re­ka ti­dak me­la­ku­kan yang di­la­rang oleh aga­ma. Se­akan pe­ri­la­ku ko­rup­tif bu­kan per­bu­at­an do­sa. Aga­ma apa­pun, sa­ya ya­kin sa­ngat me­nge­cam pe­ri­la­ku ko­rup­tif de­ngan se­ga­la ben­tuk­nya.

Na­mun, tam­pak­nya ke­ha­dir­an aga­ma da­lam di­ri me­re­ka be­lum mam­pu men­ji­nak­kan ke­ja­hat­an ke­las ka­kap ini. Ko­rup­si ja­lan te­rus. Meng­apa aga­ma se­o­lah ti­dak ber­ha­sil mem­bu­at peng­anut­nya men­ja­di orang yang ba­ik? Meng­apa In­do­ne­sia yang di­ke­nal sa­ngat re­li­gius ju­ga di­ke­nal se­ba­gai sa­lah sa­tu ne­ga­ra ter­ko­rup di du­nia? Kri­sis spi­ri­tua­li­tas da­lam ber­aga­ma ada­lah bi­ang ke­rok­nya.

Mem­bu­mi­kan spi­ri­tua­li­tas

Ma­nu­sia ke­rap ka­li ber­aga­ma ta­pi mi­nus spi­ri­tua­li­tas. Pa­da­hal, esen­si ber­aga­ma se­ja­ti­nya ada­lah spi­ri­tua­li­tas. In­ti spi­ri­tua­li­tas ada­lah ba­gai­ma­na men­ja­di orang ba­ik. Da­lam kon­teks pem­be­ran­tas­an ko­rup­si, spi­ri­tua­li­tas ha­ki­kat­nya akan ber­mua­ra pa­da “ti­dak ber­buat ko­rup­si”.

Ada­pun lan­das­an ke­cer­das­an spi­ri­tua­li­tas ada­lah ke­sa­dar­an akan ke­ha­dir­an Tu­han. Da­lam se­tiap si­tua­si, orang me­ra­sa se­la­lu di­li­hat Tu­han dan me­ra­sakan ke­ber­sa­tu­an di­ri­nya de­ngan Tu­han. Ke­sa­dar­an spi­ri­tu­al yang ting­gi yang se­nan­tia­sa meng­ha­dir­kan Tu­han di da­lam di­ri­nya akan me­ne­kan pe­ri­la­ku-pe­ri­la­ku yang ti­dak ba­ik, ter­ma­suk ko­rup­si.

Ke­ti­ka pu­nya ke­sem­pat­an ko­rup­si, dia akan lang­sung ingat Tu­han. Ji­ka me­la­ku­kan per­bu­at­an bu­ruk, dia sa­dar akan me­nge­ce­wa­kan Tu­han­nya yang se­nan­tia­sa mem­per­ha­ti­kan­nya da­ri wak­tu ke wak­tu.

John Nais­bitt me­nga­ta­kan pa­da abad ke-21 ini aga­ma se­ma­kin ku­rang di­mi­na­ti orang, se­ba­lik­nya orang se­ma­kin ber­mi­nat ter­ha­dap spi­ri­tua­li­tas. Mi­nat ini ten­tu sa­ja di­do­rong ke­bu­tuh­an un­tuk meng­isi spi­ri­tua­li­tas ki­ta yang se­ma­kin la­ma se­ma­kin ke­ring ka­re­na per­ce­pat­an ke­hi­dup­an. Di si­ni­lah ter­le­tak ma­sa­lah­nya: aga­ma se­ma­kin ter­pi­sah da­ri spi­ri­tua­li­tas pa­da­hal se­be­nar­nya spi­ri­tua­li­tas itu­lah in­ti da­ri ke­ber­aga­ma­an se­se­o­rang.

Tu­han se­o­lah-olah me­nya­tu ke­pa­da orang yang te­lah meng­alami mu­ka­sya­fah (me­ra­sakan ke­ha­dir­an Tu­han). Ka­rak­ter dan ke­pri­ba­di­an me­re­ka di­pe­nu­hi si­fat-si­fat Tu­han, se­per­ti men­cin­tai, me­nya­yangi, me­no­long dan ten­tu sa­ja ti­dak ber­buat ko­rup­si.

Se­se­o­rang yang me­mi­liki ja­bat­an ting­gi, we­we­nang dan ke­kua­sa­an di pe­me­rin­tah­an, se­lain ha­rus me­mi­liki ke­cer­das­an in­te­lek­tu­al, ju­ga per­lu me­mi­liki ke­cer­das­an spi­ri­tu­al. Ja­ngan ha­nya ber­aga­ma tan­pa pe­lak­sa­na­an spi­ri­tu­al. Aga­ma ha­nya di­ja­di­kan sim­bol.

Ti­ga su­dut pan­dang

Ki­ta ber­ha­rap se­ga­la ben­tuk pe­ri­la­ku ko­rup­tif yang se­ma­kin ti­dak ter­ken­da­li oleh pe­nye­leng­ga­ra ne­ga­ra bi­sa di­te­kan sam­pai ke ti­tik nol. Ma­ka, su­dah sa­at­nya in­ter­na­li­sa­si spi­ri­tu­al pa­da di­ri pe­nye­leng­ga­ra ne­ga­ra per­lu di­la­ku­kan se­ce­pat mung­kin. Se­ti­dak­nya ada ti­ga pen­de­kat­an (su­dut pan­dang) spi­ri­tu­al yang per­lu di­mi­li­ki pa­ra pe­nye­leng­ga­ra ne­ga­ra.

Per­ta­ma, da­ri su­dut pan­dang spi­ri­tu­al ke­aga­ma­an (re­la­si ver­ti­kal, hu­bung­an de­ngan Yang Ma­ha Kua­sa). Su­dut pan­dang ini akan me­li­hat se­jauh ma­na­kah ting­kat re­la­si spi­ri­tu­al ki­ta de­ngan Sang Pen­cip­ta. Hal ini da­pat di­ukur da­ri se­gi ko­mu­ni­ka­si dan in­ten­si­tas spi­ri­tu­al in­di­vi­du de­ngan Tu­han­nya. Wu­jud­nya da­pat ter­li­hat da­ri pa­da fre­kuen­si doa.

Apa­bi­la ke­har­mo­nis­an hu­bung­an dan re­la­si spi­ri­tu­al ke­aga­ma­an se­se­o­rang se­ma­kin ting­gi, se­ma­kin ting­gi pu­la kua­li­tas ke­cer­das­an spri­tu­al­nya.

Ke­dua, da­ri su­dut pan­dang re­la­si so­si­al-ke­aga­ma­an. Su­dut pan­dang ini me­li­hat kon­se­kuen­si psi­ko­lo­gis spi­ri­tu­al-ke­aga­ma­an ter­ha­dap si­kap so­si­al yang me­ne­kan­kan se­gi ke­ber­sa­ma­an dan ke­se­jah­te­ra­an so­si­al. Ke­cer­das­an spi­ri­tu­al akan ter­cer­min pa­da ikat­an ke­ke­lu­ar­ga­an an­tar­se­sa­ma, pe­ka ter­ha­dap ke­se­jah­te­ra­an orang lain dan makh­luk hi­dup lain, ber­si­kap der­ma­wan. Pe­ri­la­ku me­ru­pa­kan ma­ni­fes­ta­si da­ri ke­ada­an ji­wa ma­ka ke­cer­das­an spi­ri­tu­al da­lam di­ri in­di­vi­du akan ter­ma­ni­fes­ta­si da­lam pe­ri­la­ku­nya.

Da­lam hal ini, ke­cer­das­an spi­ri­tu­al akan ter­wu­jud da­lam si­kap so­si­al. Ja­di, ke­cer­das­an ini ti­dak ha­nya ber­urus­an de­ngan ke­tu­han­an atau ma­sa­lah spi­ri­tu­al, na­mun akan mem­pe­nga­ru­hi pa­da as­pek yang le­bih lu­as ter­uta­ma hu­bung­an an­tar­ma­nu­sia.

Ke­ti­ga, da­ri su­dut pan­dang eti­ka so­si­al. Su­dut pan­dang ini da­pat meng­gam­bar­kan ting­kat eti­ka so­si­al se­ba­gai ma­ni­fes­ta­si da­ri kua­li­tas ke­cer­das­an spi­ri­tu­al. Se­ma­kin ting­gi ting­kat ke­cer­das­an spi­ri­tu­al­nya se­ma­kin ting­gi pu­la eti­ka so­si­al­nya. Hal ini ter­cer­min da­ri ke­ta­at­an se­se­o­rang pa­da eti­ka dan mo­ral, ju­jur, da­pat di­per­ca­ya, so­pan, to­le­ran dan an­ti­ter­ha­dap ke­ke­ras­an.

De­ngan ha­dir­nya ke­cer­das­an spi­ri­tu­al, ki­ta se­ba­gai rak­yat bia­sa pa­da umum­nya dan pa­ra pe­nye­leng­ga­ra ne­ga­ra pa­da khu­sus­nya da­pat meng­ha­ya­ti ar­ti da­ri pen­ting­nya so­pan san­tun, to­le­ran dan ber­adab. Hal ini men­ja­di pang­gil­an in­trin­sik da­lam eti­ka so­si­al. Ki­ta sa­dar ada mak­na sim­bo­lik ke­ha­dir­an Tu­han da­lam ke­hi­dup­an se­ha­ri-ha­ri yang se­la­lu meng­awasi atau me­li­hat ki­ta di da­lam di­ri ki­ta mau­pun ge­rak-ge­rik ki­ta, di ma­na pun dan ka­pan pun. In­ti da­ri aga­ma ada­lah mo­ral dan eti­ka. - Oleh : Ah­mad Ubai­dil­lah Alum­nus UIN Yog­ya­kar­ta

Opini Solo Pos 7 Januari 2011