21 Desember 2010

» Home » Opini » Solo Pos » Hu­ma­ni­sa­si pe­rem­pu­an In­do­ne­sia

Hu­ma­ni­sa­si pe­rem­pu­an In­do­ne­sia

Hi­dup itu akan in­dah dan ber­ba­ha­gia apa­bi­la da­lam ke­ge­lap­an ki­ta me­li­hat ca­ha­ya te­rang(Saf­wan, 1985).

Mung­kin ba­nyak yang su­dah men­de­ngar se­po­tong ka­li­mat ini da­ri su­rat RA Kar­ti­ni. So­sok yang di­ke­nal se­ba­gai pe­rem­pu­an yang mem­pu­nyai spi­rit da­lam per­ju­ang­an ke­se­ta­ra­an gen­der atau em­an­si­pa­si. Se­ti­dak­nya de­ngan ada­nya Ha­ri Ibu, 22 De­sem­ber, pe­rem­pu­an In­do­ne­sia pa­tut ber­bang­ga se­bab me­re­ka di­ap­re­sia­si ja­sa dan pe­ran­nya da­lam per­ju­ang­an.

Hal ini ber­be­da de­ngan yang ter­ja­di di lu­ar In­do­ne­sia. Pe­rem­pu­an be­lum men­da­pat tem­pat yang la­yak di ma­ta ne­ga­ra, ada­nya Ha­ri Ibu (Mo­ther’s Day) di Ame­ri­ka Se­ri­kat dan Ka­na­da pa­da pe­kan ke­dua bu­lan Mei le­bih ke­pa­da fung­si ibu di ra­nah do­mes­tik.

Mung­kin pe­rem­pu­an In­do­ne­sia jus­tru se­nang da­lam be­leng­gu di te­ngah he­ge­mo­ni la­ki-la­ki. Be­gi­tu ter­buai de­ngan ber­ba­gai kon­struk­si re­a­li­tas yang se­mu, se­mi­sal kon­sep ke­can­tik­an de­ngan kon­tes put­ri de­ngan ber­ba­gai ver­si, se­hing­ga pe­rem­pu­an men­ja­di “asing” de­ngan iden­ti­tas­nya, ka­re­na can­tik bu­kan pa­da di­ri­nya.

Kon­struk­si re­a­li­tas

Da­lam pan­dang­an Pe­ter L Ber­ger—se­o­rang so­sio­log in­ter­pre­ta­tif—re­a­li­tas itu ti­dak di­ben­tuk se­ca­ra ala­mi­ah, ti­dak ju­ga se­sua­tu yang di­tu­run­kan oleh Tu­han. Re­a­li­tas di­ben­tuk dan di­kon­struk­si­kan. Re­a­li­tas di­pan­dang ber­wa­jah gan­da atau plu­ral. Se­tiap orang bi­sa mem­pu­nyai kon­struk­si yang ber­be­da-be­da atas sua­tu re­a­li­tas.

Se­dang­kan pro­ses kon­struk­si re­a­li­tas, prin­sip­nya ada­lah se­tiap upa­ya ”men­ce­ri­ta­kan” se­buah pe­ris­ti­wa, ke­ada­an atau ben­da tak ter­ke­cua­li me­nge­nai hal-hal yang ber­kai­tan de­ngan po­li­tik (Eri­yan­to, 2002)

Per­ta­ma, eks­ter­na­li­sa­si; yak­ni usa­ha pen­cu­rah­an atau eks­pre­si di­ri ma­nu­sia ke da­lam du­nia, ba­ik da­lam ke­gi­at­an men­tal mau­pun fi­sik. Ini su­dah men­ja­di si­fat da­sar ma­nu­sia. Ma­nu­sia akan se­la­lu men­cu­rah­kan di­ri ke tem­pat di ma­na ber­ada. Ma­nu­sia ti­dak da­pat ki­ta meng­er­ti se­ba­gai ke­ter­tu­tup­an yang le­pas da­ri du­nia lu­ar­nya.

Ke­dua, ob­jek­ti­vi­ka­si; yak­ni ha­sil yang te­lah di­ca­pai, ba­ik men­tal mau­pun fi­sik da­ri ke­gi­at­an eks­ter­na­li­sa­si. Ha­sil itu meng­ha­sil­kan re­a­li­tas ob­jek­tif yang bi­sa ja­di akan meng­ha­dapi si peng­ha­sil itu sen­di­ri se­ba­gai sua­tu ak­ti­vi­tas yang ber­ada di lu­ar dan ber­lai­nan da­ri ma­nu­sia yang meng­ha­sil­kan­nya.

Ke­ti­ga, in­ter­na­li­sa­si; pro­ses ini le­bih me­ru­pa­kan pe­nye­rap­an kem­ba­li du­nia ob­jek­tif ke da­lam ke­sa­dar­an se­de­mi­ki­an ru­pa se­hing­ga sub­jek­tif in­di­vi­du di­pe­nga­ru­hi oleh stuk­tur du­nia so­si­al. Ber­ba­gai ma­cam un­sur da­ri du­nia yang te­lah te­rob­jek­tif­kan ter­se­but akan di­tang­kap se­ba­gai ge­ja­la re­a­li­tas di lu­ar ke­sa­dar­an, se­ka­li­gus se­ba­gai ge­ja­la in­ter­nal ba­gi ke­sa­dar­an. Me­la­lui pro­ses in­ter­na­li­sa­si, ma­nu­sia men­ja­di ha­sil da­ri ma­sya­ra­kat.

Da­lam ka­it­an de­ngan po­si­si la­ki-la­ki dan bu­da­ya pat­ri­ar­ki, ka­um fe­mi­nis me­man­dang bah­wa re­a­li­tas yang ada da­lam ru­ang pub­lik bu­kan­lah re­a­li­tas yang ob­jek­tif, me­la­in­kan se­ba­gai re­a­li­tas yang te­lah di­kon­struk­si oleh pem­bu­at­nya, yak­ni ka­um le­la­ki itu sen­di­ri. Hal ini ber­be­da de­ngan pan­dang­an po­si­ti­vis yang me­ma­hami bah­wa re­a­li­tas yang ada itu ber­si­fat ob­jek­tif.

Sis­tem dan pem­ba­gi­an pe­ran ma­sih me­nem­pat­kan pe­rem­pu­an se­ba­gai wa­kil la­ki-la­ki, wa­ni­ta yang can­tik ha­rus me­me­nuhi un­sur be­au­ty, brain, be-h­avior, dan prin­sip pro­fe­sio­nal ba­gi pe­rem­pu­an se­la­lu ter­kait as­pek sek­sua­li­tas. Mi­tos ke­can­tik­an­lah yang mem­be­leng­gu pe­rem­pu­an, bah­kan ter­ka­dang ada ke­san bah­wa can­tik mes­ti ber­kor­ban, hing­ga ma­ta se­mua ter­tu­ju pa­da­nya.

Peng­alam­an pri­ba­di men­de­ngar­kan ke­luh­an ka­wan pe­rem­pu­an di se­buah per­usa­ha­an la­yan­an te­le­pon se­lu­ler men­du­kung fak­ta itu. Ka­wan pe­rem­pu­an itu me­nga­ta­kan,“Sa­ya ti­dak mem­bu­at atur­an, sa­ya ha­nya meng­ikuti.” Ini­lah ba­ha­sa yang se­ring di­pa­kai un­tuk meng­gam­bar­kan ba­gai­ma­na se­o­rang pe­rem­pu­an ha­nya men­ja­di ba­gi­an sa­ja da­ri sis­tem yang ada, ya­i­tu he­ge­mo­ni la­ki-la­ki.

Ke­ti­dak­si­ap­an pe­rem­pu­an

Na­mun, se­ca­ra umum pe­rem­pu­an In­do­ne­sia te­tap se­ba­gai ka­um mar­gi­nal da­lam ru­ang pub­lik. Da­ri ha­sil peng­amat­an, sa­ya me­na­war­kan dua fak­tor da­ri in­ter­nal yang ha­rus di­be­na­hi.

Per­ta­ma, fak­tor ke­ti­dak­si­ap­an men­tal. Meng­am­bil is­ti­lah Ruth In­di­ah Ra­ha­yu, pe­rem­pu­an In­do­ne­sia “te­lan­jur” nya­man da­lam po­si­si ma­nak, ma­cak dan ma­sak. Sim­bol pe­rem­pu­an di­a­so­sia­si­kan pa­da me­la­hir­kan dan meng­asuh anak, mengu­rus ru­mah dan me­la­ya­ni sua­mi di ran­jang. Orien­ta­si pe­rem­pu­an (se­ka­li­pun su­dah ber­ka­rir di ru­ang pub­lik) ha­rus meng­ha­sil­kan ge­ne­ra­si ba­ru, me­me­li­ha­ra as­pek fi­sik agar te­rus me­mi­kat dan mengu­rus se­mua hal yang ber­kai­tan de­ngan ke­se­jah­te­ra­an la­ki-la­ki.

Ke­dua, fak­tor arah ge­rak­an wa­ni­ta. Lau­na me­nye­but se­ba­gai po­li­ti­cal will pe­me­rin­tah. Na­mun, ba­gi sa­ya ini bu­kan ma­sa­lah ba­ngun­an kul­tur bi­ro­kra­si In­do­ne­sia yang di­ran­cang men­ja­di­kan ka­um pe­rem­pu­an pa­da ta­tar­an hi­bur­an dan bu­kan peng­am­bil ke­pu­tus­an, te­ta­pi ba­gai­ma­na pe­rem­pu­an mau men­cip­ta­kan kul­tur me­re­ka da­lam as­pek ke­pe­mim­pin­an, po­li­tik, so­si­al ke­ma­sya­ra­kat­an dan fung­si peng­awas­an. Ca­kup­an per­so­al­an di ra­nah pub­lik ter­uta­ma ba­gi pe­rem­pu­an da­pat di­ja­wab oleh pe­rem­pu­an sen­di­ri.

Ke­sim­pul­an­nya bu­kan pem­be­nah­an as­pek ke­bi­jak­an stra­te­gis sta­te ap­pa­ra­tus yang men­ja­di per­ha­ti­an uta­ma. Na­mun, ke­si­ap­an pe­rem­pu­an un­tuk ber­ta­rung da­lam ru­ang pub­lik. Se­bab se­ba­gai are­na ter­bu­ka, ru­ang pub­lik ter­bu­ka ba­gi ke­lom­pok yang mam­pu me­nen­tu­kan ak­se­bi­li­tas dan aser­ti­vi­tas. Bi­la ka­um pe­rem­pu­an mam­pu meng­atasi dua fak­tor di atas men­ja­di ge­rak­an yang ho­lis­tik ma­ka akan la­hir re­la­si gen­der da­lam ru­ang pub­lik se­ca­ra ber­im­bang dan hu­ma­nis. - Oleh : Arief Fa­jar Peng­ajar Ko­mu­ni­ka­si Pem­ba­ngun­an Uni­ver­si­tas Mu­ham­ma­di­yah Su­rak­ar­ta Ak­tif di Gen­der in


 Opini Solo Pos 22 Desember 2010