04 Januari 2011

» Home » Opini » Solo Pos » Me­nye­la­mat­kan ke­lu­ar­ga atau pi­lih ce­rai?

Me­nye­la­mat­kan ke­lu­ar­ga atau pi­lih ce­rai?

Men­cer­ma­ti li­put­an SO­LO­POS, 3 Ja­nua­ri 2011, pa­da ha­la­man 1 di­tu­lis ang­ka ka­sus ce­rai di So­lo na­ik pe­sat, per ta­hun na­ik 100 per­ka­ra.

Wow, ang­ka yang spek­ta­ku­ler. Ti­dak ma­in-ma­in. Nge­ri. itu­lah ka­ta yang per­ta­ma mun­cul di ke­pa­la sa­ya tat­ka­la mem­ba­ca ha­sil li­put­an itu. Me­mang di­se­but­kan ber­ba­gai alas­an ter­ja­di­nya per­ce­rai­an itu. Sua­mi yang ti­dak ber­tang­gung ja­wab se­ba­gai alas­an do­mi­nan.

Di­se­but­kan pu­la ti­ga ta­hun ter­akhir ang­ka per­ce­rai­an me­ning­kat. Bi­sa-bi­sa pa­da ta­hun yang akan da­tang men­ja­di 150 atau 200 per­ka­ra ka­sus per­ce­rai­an. Bi­sa sa­ja hal itu ter­ja­di bi­la ti­dak di­ata­si se­jak se­ka­rang.

Bi­la An­da mem­per­ha­ti­kan, akhir-akhir ini, ba­nyak ma­sya­ra­kat yang ber­pi­kir per­ce­rai­an ada­lah so­lu­si ji­tu meng­atasi ke­me­lut ru­mah tang­ga. Ban­ding­kan 15 atau 20 ta­hun la­lu. Me­mang ka­la itu ada per­ce­rai­an. Na­mun, pa­ra­dig­ma ma­sya­ra­kat ti­dak se­ka­cau se­ka­rang.

Pa­da za­man itu, bi­la per­ce­rai­an ter­ja­di, cen­de­rung di­tu­tup-tu­tupi. Ti­dak mau di­ke­ta­hui orang lain. Toh itu ma­sa­lah in­ter­nal ke­lu­ar­ga. Ke­lu­ar­ga be­sar me­ra­sa ma­lu bi­la per­ce­rai­an sam­pai ter­ja­di. Na­mun, se­ka­rang ja­ngan ta­nya. Me­dia pun di­un­dang. Se­mua di­bu­ka di de­pan pub­lik. Di me­dia, ke­dua be­lah pi­hak sa­ling adu ar­gu­men­ta­si, bu­kan­nya di­se­le­sa­i­kan se­ca­ra ke­ke­lu­ar­ga­an. Ter­ke­san pro­ble­ma ke­lu­ar­ga di­um­bar di de­pan pub­lik. Pe­rang di­ngin di ru­ang pub­lik ke­rap ka­li di­ha­dir­kan. Meng­apa se­mua ini ter­ja­di?

An­dil TV

Per­te­ngah­an 2010, sa­ya men­da­mai­kan ke­lu­ar­ga mu­da yang nya­ris ce­rai. Me­re­ka pu­nya ma­sa­lah se­rius yang ham­pir ti­dak bi­sa di­to­long. Wa­lau per­ni­kah­an ba­ru me­ma­su­ki ta­hun per­ta­ma na­mun ma­sa­lah­nya kom­pleks.

Ada ka­li­mat tak ter­du­ga me­lun­cur da­ri mu­lut si is­tri yang hen­dak meng­gu­gat sua­mi­nya sa­at itu. Ia ber­ka­ta, “Li­hat, di TV itu kan di­be­ri­ta­kan ba­nyak ka­sus per­ce­rai­an.”

Ru­pa­nya, ia sa­ngat emo­si sa­at itu. Per­ce­rai­an ada­lah ka­ta yang se­nan­tia­sa ada di ke­pa­la­nya. Me­nu­rut­nya, ti­dak ada so­lu­si ter­ba­ik ke­cua­li per­ce­rai­an. Be­nang ku­sut ru­mah tang­ga­nya ha­nya bi­sa di­se­le­sa­i­kan le­wat ja­lur per­ce­rai­an. Na­mun, ha­ri itu, sa­ya me­mu­tus­kan ti­dak akan me­la­ku­kan me­dia­si meng­ingat ma­sing-ma­sing be­re­go ting­gi.

Pa­da ke­sem­pat­an lain, da­lam sua­sa­na san­tai, sa­ya da­tang la­gi dan men­co­ba me­na­war­kan al­ter­na­tif ba­ru. In­ti­nya hen­dak me­nye­la­mat­kan ke­lu­ar­ga yang ber­ma­sa­lah itu. Akhir­nya, ke­dua­nya lu­nak, se­pa­kat un­tuk mem­ba­rui ko­mit­men di te­ngah rumah tangga me­re­ka. Hing­ga ki­ni, ke­lu­ar­ga itu ti­dak per­nah ber­pi­kir se­di­kit pun un­tuk meng­ak­hi­ri rumah tangga me­re­ka. Me­re­ka ba­ha­gia.

Di sa­at-sa­at ka­cau, si­ar­an TV bi­sa ja­di sum­ber in­spi­ra­si ne­ga­tif. Ham­pir se­mua sta­si­un TV me­na­yang­kan go­sip-go­sip ke­re­tak­an ru­mah tang­ga. Go­sip-go­sip ter­se­but mam­pir di te­ngah ke­lu­ar­ga yang ber­ada da­lam ma­sa­lah yang sa­ma. Tan­pa ber­pi­kir pan­jang, me­re­ka pun meng­am­bil ke­pu­tus­an tak bi­jak­sa­na. Man­tan Rek­tor Uni­ver­si­tas At­ma­ja­ya Ja­kar­ta, Dr J Drost, per­nah ber­ka­ta, “You are what you see.” An­da ada­lah apa yang An­da li­hat.

Bi­la An­da te­rus-me­ne­rus me­non­ton si­ar­an-si­ar­an yang se­per­ti itu, ton­to­nan ter­se­but meng­en­dap di alam ba­wah sa­dar, lan­tas pa­da wak­tu ter­ten­tu An­da akan me­la­ku­kan hal yang sa­ma. Me­li­hat efek ne­ga­tif yang le­bih be­sar da­ri­pa­da efek po­si­tif, se­ba­ik­nya ke­lu­ar­ga-ke­lu­ar­ga me­was­pa­dai ta­yang­an-ta­yang­an ti­dak se­hat se­per­ti itu. Mung­kin An­da pro­tes dan me­nga­ta­kan ini kan hak asa­si ma­nu­sia. Ya, be­nar. Na­mun, bi­la efek­nya me­ru­gi­kan, sa­ngat te­pat bi­la ke­lu­ar­ga-ke­lu­ar­ga meng­hin­da­ri­nya. Ta­yang­an-ta­yang­an se­ma­cam itu ba­gai­kan bom wak­tu. Pa­da sa­at­nya akan me­le­dak da­lam ke­lu­ar­ga ma­sing-ma­sing. Ma­ka, se­ba­ik­nya di­hin­da­ri.

Dam­pak ne­ga­tif

Sa­ya me­ne­li­ti dan mem­ba­ca ba­nyak bu­ku ten­tang to­pik per­ce­rai­an. Mung­kin pu­luh­an bah­kan ra­tus­an ju­dul. Sung­guh. Se­pu­luh ta­hun ter­akhir sa­ya mem­ba­ca bu­ku ter­kait de­ngan to­pik per­ce­rai­an.

Da­lam pem­be­la­jar­an itu, sa­ya me­ne­mu­kan ti­dak ada per­ce­rai­an yang mem­ba­wa dam­pak po­si­tif. Dam­pak­nya pas­ti ne­ga­tif. Ter­uta­ma dam­pak ke­pa­da anak-anak. Anak-anak se­la­lu meng­alami ke­ter­pe­cah­an ji­wa ka­re­na per­ce­rai­an orang­tua me­re­ka. Anak-anak ter­se­but meng­alami pro­ble­ma so­si­al se­rius.

Yang le­bih me­nge­ri­kan, se­buah pe­ne­li­ti­an me­nga­ta­kan sa­lah sa­tu pe­nye­bab me­ning­kat­nya per­sen­ta­se ho­mo­sek­sua­li­tas ada­lah aki­bat per­ce­rai­an orang­tua me­re­ka se­be­lum­nya. Se­o­rang anak pe­rem­pu­an ber­pen­da­pat la­ki-la­ki itu breng­sek.

Buk­ti­nya, ayah me­ning­gal­kan dan me­ne­lan­tar­kan ibu tan­pa ar­gu­men­ta­si yang je­las. Ke­ti­ka anak pe­rem­pu­an ini de­wa­sa, ia ti­dak akan me­ni­kah de­ngan la­ki-la­ki. Ia me­mi­lih ber­pa­car­an de­ngan se­sa­ma je­nis. De­mi­ki­an se­ba­lik­nya. Anak la­ki-la­ki men­ja­di ho­mo ka­re­na me­li­hat ibu­nya sa­ngat ti­dak ma­nu­sia­wi ter­ha­dap ayah­nya. Ke­ti­ka ber­tum­buh de­wa­sa, yang ada di pi­kir­an­nya se­mua pe­rem­pu­an ja­hat. Ma­ka, ia pun me­la­buh­kan cin­ta­nya ke­pa­da se­sa­ma je­nis. Ga­wat!

Dam­pak lain ada­lah se­ka­li me­ni­kah dan akhir­nya bu­bar, ada ke­cen­de­rung­an un­tuk ti­dak se­tia ke­pa­da pa­sang­an yang ba­ru. Se­o­rang la­ki-la­ki atau pe­rem­pu­an akan te­rus men­ca­ri pri­ba­di yang me­nu­rut­nya sem­pur­na. Ia ha­us akan pri­ba­di yang di­ni­lai sem­pur­na. Pri­ba­di se­per­ti yang ada da­lam pi­kir­an­nya. Ta­pi, ada­kah yang sem­pur­na?

Se­ca­ra na­lu­ri me­mang ki­ta meng­hen­daki pa­sang­an yang sem­pur­na. Itu oke-oke sa­ja. Se­mua orang pun ber­pi­kir yang sa­ma. Na­mun, per­ta­nya­an men­da­sar, “Ada­kah pri­ba­di yang sem­pur­na?” Sua­tu ka­ta bi­jak da­tang da­ri se­se­o­rang. Ia ber­ka­ta, “Ja­ngan me­nun­tut sem­pur­na da­ri pri­ba­di yang tak sem­pur­na.” Ber­ar­ti, ka­lau su­dah ta­hu ti­dak sem­pur­na, per­cu­ma me­nun­tut sem­pur­na. Ka­li­mat ini be­nar.

Sia­pa pun ki­ta pas­ti ti­dak sem­pur­na. Mung­kin be­nar ka­ta Dor­ce Ga­ma­la­ma bah­wa ke­sem­pur­na­an itu mi­lik Tu­han. Ma­nu­sia pas­ti tak sem­pur­na. Ada sa­ja ti­tik le­mah­nya.

Bi­la esen­si ini di­pa­ha­mi, pas­ti ti­dak ada sa­ling me­nun­tut. Yang ada ha­nya­lah sa­ling meng­er­ti. Sa­ling me­nu­tupi ke­ku­rang­an. Sa­ling meng­am­puni pa­sang­an yang tak sem­pur­na.

Ba­gai­ma­na de­ngan An­da war­ga Ko­ta So­lo dan se­ki­tar­nya? Se­mo­ga di ta­hun 2011, ki­ta sung­guh me­nya­da­ri bah­wa per­ce­rai­an bu­kan­lah so­lu­si pe­nye­le­sai­an ke­me­lut ke­lu­ar­ga. Sa­ya ber­ha­rap pa­da 2011, per­ka­ra per­ce­rai­an akan me­nu­run bu­kan se­ba­lik­nya. Ta­ruhl­ah be­las ka­si­han pa­da ge­ne­ra­si yang akan ki­ta la­hir­kan. Ka­si­hi­lah ge­ne­ra­si yang akan da­tang de­ngan ti­dak me­la­ku­kan per­ce­rai­an. Ba­gai­ma­na se­ka­li­pun, anak-anak se­la­lu ja­di kor­ban. - Oleh : Ma­na­ti I Ze­ga Pe­nu­lis bu­ku-bu­ku ro­ha­ni dan ke­lu­ar­ga

Opini SOlo Pos 5 Januari 2011