30 Desember 2010

» Home » Opini » Solo Pos » Pa­ra­doks-pa­ra­doks ke­ma­ju­an

Pa­ra­doks-pa­ra­doks ke­ma­ju­an

Be­sok pa­gi, ki­ta me­ning­gal­kan 2010 dan me­ma­su­ki 2011. Bia­sa­nya men­je­lang akhir ta­hun ba­nyak lem­ba­ga dan me­dia ber­du­yun-du­yun me­ri­lis la­por­an akhir ta­hun dan meng­ulas ka­le­i­dos­kop se­pan­jang ta­hun se­ba­gai re­flek­si atas ca­pai­an se­ka­li­gus ke­ga­gal­an ki­ta pa­da ta­hun yang akan ki­ta ting­gal­kan.

Iba­rat­nya, ki­ta di­ajak me­non­ton se­ja­rah ki­ta se­la­ma se­ta­hun ter­akhir su­pa­ya bi­sa ba­nyak be­la­jar agar ti­dak meng­ulang kem­ba­li ke­ga­gal­an yang sa­ma di ta­hun de­pan. Bia­sa­nya pu­la, ulas­an akhir ta­hun ter­se­but ber­si­fat par­si­al ser­ta to­pi­kal. Ki­ta su­lit meng­hu­bung­kan sa­tu fak­ta de­ngan fak­ta lain.

Tu­lis­an ini de­ngan ke­ter­ba­tas­an ru­ang ingin me­leng­ka­pi ulas­an-ulas­an akhir ta­hun yang mem­ban­ji­ri me­dia mas­sa, khu­sus­nya da­lam rang­ka men­de­tek­si ge­ja­la-ge­ja­la umum mo­der­ni­tas (ke­ma­ju­an). Ta­hun 2010 dan 2011 ma­sih ber­ada di awal mi­le­ni­um ke­ti­ga.

Ma­sa­lah-ma­sa­lah yang mun­cul di ma­sa-ma­sa se­ka­rang ma­sih me­re­flek­si­kan kon­se­kuen­si-kon­se­kuen­si da­ri ke­ma­ju­an yang mu­lai di­cip­ta­kan ma­nu­sia sen­di­ri se­jak se­ki­tar 50 ta­hun la­lu. Se­ba­gi­an ga­gas­an tu­lis­an ini ter­in­spi­ra­si oleh tu­lis­an Chan­dra Mu­zaf­far (2004) me­nge­nai Mi­le­ni­um Ke­ti­ga: Se­pu­luh Pa­ra­doks Ma­sa Ki­ta. Di si­ni, pe­nu­lis ingin me­ma­par­kan li­ma per­ma­sa­lah­an yang me­war­nai per­adab­an ki­ta.

Per­ta­ma, di ba­nyak tem­pat di In­do­ne­sia, akhir-akhir ini, ter­da­pat se­ma­cam ke­bang­kit­an aga­ma yang di­tan­dai oleh me­non­jol­nya sim­bol-sim­bol aga­ma dan ma­rak­nya ri­tu­al di ma­na-ma­na. Pa­da sa­tu si­si, se­ba­gai bang­sa yang men­jun­jung ting­gi ni­lai-ni­lai ke­tu­han­an, ini ada­lah ka­bar yang meng­gem­bi­ra­kan.

Ta­pi sa­yang­nya, ra­ma­i­nya tem­pat-tem­pat iba­dah ti­dak di­ba­re-ngi de­ngan peng­ha­yat­an yang men­da­lam me­nge­nai pe­san sub­stan­si aga­ma-aga­ma. Aki­bat­nya bu­kan spi­ri­tua­li­tas yang tum­buh ta­pi ma­lah ni­lai-ni­lai prag­ma­tis­me. Ja­rak an­ta­ra ri­tua­li­tas aga­ma dan spi­ri­tua­li­tas ini men­ja­di pa­ra­doks pa­ling iro­nis ba­gi umat ber­aga­ma di era mo­dern.

Ke­dua, ta­hun-ta­hun be­la­kang­an ini ju­ga di­tan­dai oleh ma­si­fi­ka­si pe­nye­bar­an ide de­mo­kra­si. Le­bih da­ri 400 Pil­ka­da da­lam ti­ap li­ma ta­hun­nya di­se­leng­ga­ra­kan di In­do­ne­sia sam­pai ke pe­lo­sok-pe­lo­sok dae­rah ter­pen­cil. Le­bih-le­bih pe­mi­lih­an ke­pa­la de­sa se­ca­ra lang­sung men­cer­min­kan de­mo­kra­si pro­se­du­ral te­lah ma­suk ke da­lam tu­lang sum­sum ta­ta so­si­al po­li­tik ki­ta.

Pa­ra­doks mun­cul ke­ti­ka pa­ra pe­mim­pin yang di­pi­lih me­la­lui pro­se­dur de­mo­kra­si ti­dak oto­ma­tis se­la­lu me­la­ya­ni ke­pen­ting­an ke­se­jah­te­ra­an rak­yat. Alih-alih de­mo­kra­si se­ba­gai co­rong ke­kua­sa­an rak­yat, pa­da prak­tik­nya de­mo­kra­si men­ja­di­kan rak­yat se­ba­gai bu­lan-bu­lan­an. De­ngan sis­tem de­mo­kra­si di­ha­rap­kan rak­yat bi­sa me­ngen­da­li­kan pa­ra pe­mim­pin yang me­re­ka pi­lih. Ke­nya­ta­an­nya, ti­dak ja­rang pa­sar glo­bal jus­tru men­ja­di pi­hak no­mor wa­hid yang me­ngen­da­li­kan pa­ra pe­mim­pin ter­se­but un­tuk mem­per­da­yai rak­yat ma­nut ke­i­ngin­an ka­pi­ta­lis­me.

Persempit realitas

Ke­ti­ga, ma­sa di ma­na ki­ta hi­dup sa­at ini di­tan­dai oleh ke­ma­ju­an pe­sat tek­no­lo­gi in­for­ma­si. Ke­ma­ju­an ini se­be­nar­nya be­lum la­ma di­ban­ding de­ngan se­ja­rah per­adab­an ma­nu­sia. Se­ba­gi­an be­sar ge­ne­ra­si se­be­lum ki­ta ti­dak me­nge­nal te­le­pon se­lu­ler dan in­ter­net. Ta­pi ki­ni, ham­pir se­tiap sa­at ki­ta di­hu­ja­ni ik­lan pro­duk-pro­duk ter­ba­ru tek­no­lo­gi in­for­ma­si. Se­ba­gi­an da­ri An­da, khu­sus­nya ka­um mu­da, si­la­kan meng­hi­tung be­ra­pa jam da­lam se­ha­ri ber­in­ter­ak­si de­ngan te­tang­ga An­da. Ban­ding­kan be­ra­pa jam wak­tu chit chat (iseng) di de­pan la­yar kom­pu­ter atau hand­pho­ne.

Ke­ma­ju­an tek­no­lo­gi ko­mu­ni­ka­si ti­dak bi­sa di­sang­kal ba­nyak mem­per­mu­dah ko­mu­ni­ka­si an­tar ma­nu­sia. Na­mun, peng­gu­na­an­nya se­ca­ra ber­le­bih­an bi­sa mem­per­sem­pit kul­tur pe­ma­ham­an ma­nu­sia me­nge­nai di­men­si re­a­li­tas. Ge­ne­ra­si se­ka­rang di­di­dik se­ca­ra cang­gih un­tuk mem­per­sem­pit re­a­li­tas du­nia yang ma­ha­lu­as ini ke da­lam re­a­li­tas la­yar kom­pu­ter ber­diame­ter an­ta­ra 8 sam­pai 15 in­ci atau LCD hand­pho­ne ber­ukur­an se­ki­tar 3 in­ci. Pa­ra­doks da­ri ke­ma­ju­an tek­no­lo­gi ko­mu­ni­ka­si ada­lah la­hir­nya bu­da­ya ko­mu­ni­ka­si tan­pa in­ter­ak­si yang mung­kin akan meng­aki­bat­kan kri­sis psi­ko­lo­gi ma­nu­sia mo­dern di ma­sa de­pan.

Ke­em­pat, jan­ji-jan­ji ide­o­lo­gi de­ve­lop­men­ta­lism (pem­ba­ngun­an) un­tuk me­nye­jah­te­ra­kan pen­du­duk di mu­ka bu­mi me­mang te­re­a­li­sasi. Ta­pi, ke­se­jah­te­ra­an be­sar itu ha­nya bi­sa di­ra­ih oleh se­ge­lin­tir umat ma­nu­sia. Be­nar bah­wa aset ke­ka­ya­an yang di­ra­ih ma­nu­sia sa­at ini men­ca­pai jum­lah yang me­nak­jub­kan. Na­mun la­gi-la­gi se­ba­gi­an be­sar ke­ka­ya­an itu ha­nya di­mi­li­ki pa­ra pe­ngua­sa eko­no­mi dan ka­pi­tal. Se­ba­gi­an be­sar orang hi­dup de­ngan si­tua­si pas-pas­an. Se­ba­gi­an yang lain hi­dup da­lam kon­di­si sa­ngat ke­ku­rang­an.

Ka­lau ba­ca la­por­an jur­nal orang-orang ter­ka­ya di In­do­ne­sia, ki­ta bi­sa me­nyak­si­kan daf­tar 10, 40 atau 100 orang ter­ka­ya di In­do­ne­sia de­ngan aset te­ra­mat ba­nyak ja­uh di­ban­ding ra­ta-ra­ta le­bih da­ri 230 ju­ta pen­du­duk lain­nya. Pa­ra­doks eko­no­mi me­nge­te­ngah­kan gap atau ju­rang yang ter­la­lu amat le­bar an­ta­ra si ka­ya dan si mis­kin.

Ke­li­ma, pa­ra­doks ter­akhir yang bi­sa ki­ta ca­tat ada­lah ke­ga­ga­pan ki­ta da­lam meng­ha­dapi kri­sis ling­kung­an dan ben­ca­na alam yang be­la­kang­an meng­hun­jam ke­hi­dup­an ki­ta. Se­men­ta­ra itu se­ba­gi­an kri­sis ling­kung­an dan per­ubah­an ik­lim me­ru­pa­kan ulah ki­ta sen­di­ri.

Aga­ma-aga­ma ku­rang pe­du­li de­ngan ling­kung­an atau se­ti­dak­nya su­dah ter­lam­bat da­lam me­nun­juk­kan ke­pe­du­li­an­nya. Sis­tem de­mo­kra­si ha­nya me­me­du­li­kan pe­re­but­an ke­kua­sa­an ma­nu­sia, ti­dak pri­ha­tin de­ngan ke­se­ra­kah­an ma­nu­sia yang me­re­but hak alam. Tek­no­lo­gi men­ja­di alat cang­gih un­tuk meng­uras ke­ka­ya­an yang di­kan­dung bu­mi.

Di te­ngah ke­ma­ju­an-ke­ma­ju­an yang di­ca­pai, ki­ta ter­li­hat sa­ngat com­pang-cam­ping da­lam me­nge­lo­la alam dan meng­ha­dapi ben­ca­na alam. Se­men­ta­ra be­ban po­ten­si ben­ca­na di ma­sa de­pan ti­dak se­ma­kin ri­ngan.

Revolusi kebudayaan

Tu­lis­an ini sa­ma se­ka­li ti­dak di­mak­sud­kan agar ki­ta pe­si­mis­tis de­ngan ma­sa de­pan ki­ta. Ta­pi, ingin me­nun­juk­kan kom­plek­si­tas ma­sa­lah yang ki­ta ha­dapi dan me­nun­tut ker­ja ke­ras ki­ta ber­sa­ma. An­cang-an­cang re­flek­si ini di So­lo me­na­rik­nya su­dah di­mu­lai, ter­le­pas da­ri kri­tik ter­ha­dap­nya, de­ngan di­bu­ka­nya ga­gas­an re­vo­lu­si ke­bu­da­ya­an.

Oleh se­bab itu, pi­kir­an-pi­kir­an kri­tis ter­ha­dap per­kem­bang­an di So­lo sung­guh pa­tut di­per­ha­ti­kan. Am­bil con­toh se­di­kit sa­ja, pe­ra­sa­an se­ba­gi­an war­ga So­lo ter­ha­dap per­kem­bang­an eko­no­mi ka­pi­ta­lis­me yang ti­dak se­la­ma­nya klop de­ngan eko­no­mi ke­rak­yat­an pa­tut di­si­mak, se­ba­gai­ma­na ca­tat­an pa­ra­doks ke­em­pat di atas. Atau mi­sal­nya mu­lai pu­dar­nya kul­tur se­nyum sa­pa dan ulur­an ta­ngan yang di­ra­sakan ka­um mu­da ja­lan­an, ban­ding­kan de­ngan pa­ra­doks ke­ti­ga di atas, per­lu di­re­nung­kan.

Pa­ra­doks-pa­ra­doks lain yang mu­lai An­da ra­sa­kan me­nge­nai per­kem­bang­an so­si­al ki­ta se­pa­tut­nya An­da sua­ra­kan, bi­ar ada per­si­ap­an ber­sa­ma un­tuk mem­per­bai­ki di­ri dan ti­dak ka­sep. Akhir­nya se­la­mat ber­be­nah un­tuk ma­sa de­pan ki­ta ber­sa­ma. - Oleh : Su­ha­di Cho­lil Peng­ajar di Prog­ram Stu­di Aga­ma dan Lin­tas Bu­da­ya UGM


Opini Solo Pos 31 Desember 2010