20 Desember 2010

» Home » Opini » Solo Pos » Ko­ta tan­pa ka­ta

Ko­ta tan­pa ka­ta

Se­ja­rah iden­ti­tas ko­ta mung­kin te­lah ter­lu­pa­kan di ne­ge­ri ini. Pe­nge­ta­hu­an ten­tang ko­ta dan pem­ba­ca­an atas pel­ba­gai wa­ri­san ke­rap pu­nah oleh ke­gan­drung­an men­dan­dani ko­ta da­lam naf­su met­ro­po­li­t­an.

Ko­ta men­jel­ma se­ba­gai pro­yek eko­no­mi-po­li­tik glo­bal. Ke­pe­mi­lik­an je­jak-je­jak se­ja­rah gam­pang di­so­rong­kan ke mu­se­um. Alur iden­ti­tas ko­ta pun le­kas pu­tus ka­re­na per­se­ling­kuh­an un­tuk me­reng­kuh ci­tra glo­bal-kos­mo­po­li­tan. Ko­ta-ko­ta di ne­ge­ri ini ada­lah eta­la­se un­tuk me­ma­mer­kan di­ri de­ngan ke­ge­ni­tan dan ke­al­pa­an.

Se­ja­rah ko­ta-ko­ta di ne­ge­ri tum­buh da­lam afir­ma­si di­ri atas pe­ran dan mak­na. Ko­ta-ko­ta ter­ben­tuk de­ngan per­be­da­an ti­po­lo­gi. Sup­ra­tik­no Ra­hard­jo (2007) meng­ung­kap­kan se­ja­rah ko­ta meng­acu pa­da sum­ber eko­no­mi, kon­di­si geo­gra­fis, di­na­mi­ka po­li­tik, dan arus trans­for­ma­si so­si­al-kul­tu­ral. Per­be­da­an ti­po­lo­gi itu men­ca­kup da­lam pel­ba­gai hal se­ba­gai mo­dal atau fon­da­si pem­ben­tuk­an dan per­se­mai­an iden­ti­tas.

Pe­la­ca­kan atas se­ja­rah ko­ta itu mu­lai su­sut oleh am­bi­si meng­gan­ti­kan tan­da-tan­da ko­ta de­ngan pe­mu­ta­khir­an tan­pa re­fe­ren­si his­to­ris. Ko­ta-ko­ta sa­at ini tum­buh da­lam da­lil ke­mi­rip­an, ke­per­sis­an, atau ma­lah ho­mo­gen.

Iden­ti­tas pun ba­kal ada da­lam kod­rat pe­ne­mu­an dan ke­hi­lang­an. Iden­ti­tas me­mang ti­dak per­ma­nen ta­pi de­ngan afir­ma­si se­ca­ra pro­duk­tif dan kre­a­tif bi­sa men­ja­di­kan ko­ta sa­dar har­ga di­ri. Peng­abai­an de­ngan pam­rih per­ubah­an da­lam naf­su ke­se­mu­an atau ar­ti­fi­sia­li­tas ten­tu men­ja­di lon­ceng ke­ma­ti­an ko­ta.

Se­ja­rah

Je­jak-je­jak se­ja­rah ko­ta di pel­ba­gai ne­ge­ri ma­sih ke­kal sam­pai ha­ri ini de­ngan kon­struk­si iden­ti­tas me­mu­kau. Athe­na me­ru­pa­kan con­toh da­ri ke­sang­gup­an mem­ben­tuk iden­ti­tas ko­ta pa­da ma­sa se­be­lum Ma­se­hi. Pem­ba­yang­an atas se­ja­rah ko­ta ini ma­sih sang­gup men­de­kat­kan ma­nu­sia-ma­nu­sia mo­dern un­tuk men­ce­cap spi­rit po­li­tik, fil­sa­fat, se­ni, eko­no­mi, dan kul­tu­ral.

TZ La­vi­ne (2002) me­nye­but Athe­na se­ba­gai ko­ta de­ngan ci­tra ke­sem­pur­na­an da­lam ke­hi­dup­an per­adab­an ma­nu­sia. Ko­ta ini ma­sih ke­rap di­ke­nang­kan un­tuk me­la­cak se­ja­rah per­adab­an ma­nu­sia da­lam ke­sa­dar­an iden­ti­tas di­ri dan ko­ta.

Tan­da-tan­da ke­be­sar­an dan ke­run­tuh­an Athe­na ma­sih ada dan te­rus di­in­ter­pre­ta­si­kan pa­da sa­at ini. Me­ra­wat se­ja­rah ko­ta se­per­ti me­ra­wat alur pan­jang iden­ti­tas un­tuk sa­dar di­ri de­ngan mo­del dan kon­se­kuen­si per­ubah­an. Ko­ta ada un­tuk di­mak­nai se­ca­ra pro­duk­tif dan tia­da hen­ti. Per­ubah­an ter­ja­di tan­pa ha­rus me­ma­ti­kan se­ja­rah atau meng­ubur­kan tan­da-tan­da ko­ta de­mi pam­rih ka­pi­tal. Iden­ti­tas ko­ta te­rus da­lam di­na­mi­sa­si da­lam am­bi­si meng­akar ke se­ja­rah dan meng­ga­pai ma­sa de­pan.

Ko­ta-ko­ta di ne­ge­ri ini jus­tru le­lah me­ra­wat se­ja­rah. Ko­ta tum­buh dan ber­ubah se­per­ti tak­dir tan­pa ma­sa la­lu. Ko­ta te­lah ke­hi­lang­an ba­ha­sa un­tuk meng­ucap­kan di­ri ten­tang pel­ba­gai hal. Iden­ti­tas ko­ta bang­krut oleh ak­se­so­ri ko­ta. Ki­sah ko­ta ma­ti da­lam ke­si­buk­an un­tuk men­ca­pai eks­ta­se mo­der­ni­tas.

Ko­ta tan­pa ka­ta? Ru­mus­an di­ri dan pem­ba­ha­sa­an iden­ti­tas ko­ta su­sah men­da­pati ka­ta ka­re­na ko­ta di­ge­rak­kan oleh naf­su mo­dal. Ka­ta se­ba­gai re­pre­sen­ta­si da­ri prog­re­si­vi­tas na­lar dan ima­ji­na­si lu­luh da­lam ke­sem­ra­wut­an vi­su­al dan ke­no­ra­kan wa­jah.

Ko­ta-ko­ta di ne­ge­ri ini jus­tru li­hai mem­per­alat ka­ta un­tuk ke­hi­lang­an mak­na de­ngan jar­gon-jar­gon: ko­ta wi­sa­ta, ko­ta se­ni, ko­ta bu­da­ya, ko­ta pen­di­dik­an, atau ko­ta tek­no­lo­gi. Ka­ta itu ham­pir tak meng­acu pa­da re­fe­ren­si his­to­ris. Ka­ta di­pak­sakan un­tuk klaim de­mi har­ga di­ri se­mu.

Ka­ta

Pe­ngi­sah­an ko­ta men­ja­di per­ka­ra pen­ting dan gen­ting pa­da ha­ri ini. Pe­nu­lis­an se­ja­rah dan ki­sah ko­ta mung­kin ba­kal mem­bu­at afir­ma­si dan pro­duk­si mak­na un­tuk iden­ti­tas me­ne­mu­kan ja­lan te­rang. Se­ja­rah ko­ta di­tu­lis un­tuk me­la­hir­kan sua­ra da­lam ke­ra­mai­an pub­lik me­ngon­sum­si im­pi­an pi­ci­san ke­kik­in­an.

Se­ja­rah mung­kin bi­sa meng­atar­kan pa­da pem­bu­ka­an me­mo­ri atas per­adab­an dan ke­sang­gup­an ma­nu­sia mem­bu­at per­ubah­an. Se­ja­rah pun ba­kal meng­abar­kan kon­se­kun­si-kon­se­kuen­si da­ri arus per­ubah­an dan ke­ge­li­sah­an me­ra­wat oten­ti­si­tas ko­ta.

Pe­nu­lis­an ki­sah ko­ta da­lam ben­tuk sas­tra me­ru­pa­kan ikh­ti­ar un­tuk men­ca­tat­kan ko­ta. Mo­del ini ba­kal mem­be­ri ke­ter­bu­ka­an na­lar dan ima­ji­na­si pa­da pem­ba­ca un­tuk mem­ba­ca ko­ta. Ko­ta da­lam me­mo­ar, ce­repn, no­vel, atau pui­si se­per­ti pe­ra­ya­an ka­ta un­tuk ko­ta.

Orang me­mi­liki hak me­la­ku­kan in­ter­pre­ta­si ko­ta da­lam ta­tan­an ka­ta. Ima­ji­na­si dan mak­na ko­ta me­ne­mu­kan mo­men­tum per­se­mai­an. Ja­lan sas­tra se­per­ti ja­di pe­ye­la­mat­an atas iden­ti­tas ko­ta ken­da­ti ja­rang di­gan­drungi. Ka­ta bi­sa me­nge­kal­kan dan me­nye­la­mat­kan ko­ta.

Ber­ba­gai teks sas­tra ten­tang ko­ta mem­bu­at pe­mak­na­an atas ko­ta men­ja­di ter­bu­ka. Ko­ta-ko­ta Ima­ji­ner (Ita­lo Cal­vi­no), Du­bli­ner (Ja­mes Joy­ce) dan Is­tan­bul: Ke­nang­an Se­buah Ko­ta (Orhan Pa­muk) me­ru­pa­kan pun­cak sas­tra da­lam me­ngi­sah­kan ko­ta. Ka­ta dan ko­ta ha­dir da­lam in­ti­mi­tas atau ke­ma­nung­gal­an.

Pro­yek ka­ta ini me­mang pan­tas di­per­ta­nya­kan un­tuk ke­sahih­an da­ta atau fak­ta. Sas­tra se­ba­gai pe­ngi­sah­an me­mang ti­dak hen­dak me­mo­si­si­kan di­ri se­ba­gai sum­ber pa­ling sahih da­ri se­ja­rah dan per­tum­buh­an ko­ta. Sas­tra me­nge­kal­kan ki­sah ko­ta da­lam per­ma­in­an ka­ta un­tuk me­ne­mu­kan mak­na dan me­ra­ya­kan ima­ji­na­si.

Pro­yek sas­tra un­tuk ko­ta ini ma­sih ja­rang di­ga­rap di ne­ge­ri ini. Pa­ra pe­ngua­sa ko­ta jus­tru gan­drung de­ngan pel­ba­gai pro­yek un­tuk men­ja­di­kan ko­ta me­ni­pu ma­ta de­ngan pem­ba­ngun­an kan­tor, mal, ga­pu­ra, ta­man, tem­pat hi­bur­an, atau mo­nu­men mes­ki me­re­ka bi­su atau su­sah me­nga­ta­kan se­sua­tu pa­da pub­lik. Pe­ngua­sa abai un­tuk meng­ge­ra­kan pro­yek li­te­ra­si de­ngan mo­del pe­nu­lis­an dan pem­ba­ca­an ko­ta me­la­lui sas­tra. Ko­ta-ko­ta me­mang te­lah ke­hi­lang­an ka­ta. Iden­ti­tas ko­ta pun tam­pil da­lam di­am dan ke­re­mang­an mak­na. Be­gi­tu. - Oleh : Ban­dung Ma­war­di Pe­nge­lo­la Ja­gat Ab­jad So­lo


Opini Solo Pos 21 Desember 2010