15 Desember 2010

» Home » Opini » Solo Pos » Ke­re­sah­an so­si­al po­li­tik di Jog­ja

Ke­re­sah­an so­si­al po­li­tik di Jog­ja

Da­ri dis­ku­si itu, mun­cul ga­gas­an his­to­ris yang me­na­rik be­ru­pa kon­sep ke­re­sah­an ag­ra­ris (ag­ra­rian un­rest). Sar­to­no Kar­to­dird­jo yang mem­per­ke­nal­kan ga­gas­an so­si­al his­to­ris ag­ra­rian un­rest da­lam bu­ku kla­sik­nya The Peasants’ Re­volt of Ban­ten in 1888, Its Con­di­tions, Cour­se and Se­quel, A Ca­se Stu­dy of So­ci­al Mo­ve­ments in In­do­ne­sia.

Un­tuk me­ma­hami kon­teks his­to­ris ga­gas­an ag­ra­rian un­rest, ada ba­ik­nya ki­ta me­li­hat se­ki­las ben­tang­an se­ja­rah Ja­wa abad 19 dan awal abad 20. Se­ca­ra ga­ris be­sar, ku­run itu da­pat di­ba­gi da­lam be­be­ra­pa pe­rio­de yang me­non­jol.

Per­ta­ma, pe­rio­de 1800-1830. Sa­at itu me­ru­pa­kan pe­rio­de tran­si­si da­lam pe­me­rin­tah­an ko­lo­ni­al di Ja­wa. Ha­dir orang Pran­cis da­lam di­ri Da­en­dels (de­ngan pe­nga­ruh be­sar ka­re­na ia mem­bu­ka ja­lan ra­ya Anyer-Pe­na­ru­kan), dan ha­dir ju­ga orang Ing­gris (da­lam di­ri Tho­mas Stam­ford Raf­fles, na­ma­nya di­kait­kan de­ngan na­ma bu­nga bang­kai rak­sa­sa Su­ma­tra, Raf­fle­sia). Tran­si­si ini ber­kai­tan de­ngan per­ca­tur­an po­li­tik di Ero­pa yang pu­nya mir­ror ef­fect di wi­la­yah ko­lo­ni. Apa yang ter­ja­di di Ero­pa, pas­ti ada ge­ma­nya di ne­ga­ra ja­jah­an.

Ke­dua, pe­rio­de 1830-1870. Ku­run itu di­tan­dai be­be­ra­pa pe­ris­ti­wa pen­ting. Di Ja­wa ada Pe­rang Ja­wa (Pe­rang Di­po­ne­go­ro). Di Su­ma­tra Ba­rat ada Pe­rang Pa­dri (Imam Bon­jol). Ada ju­ga prog­ram cul­ti­va­tion sys­tem yang di­te­rap­kan atau di­pak­sakan pe­me­rin­tah ko­lo­ni­al ke­pa­da pe­ta­ni di Ja­wa, Su­ma­tra dan Ka­li­man­tan. Ke­bi­jak­an itu di­se­but ju­ga de­ngan na­ma lain, ta­nam pak­sa. Ko­mo­di­tas yang di­ta­nam an­ta­ra lain ko­pi, tem­ba­kau, te­bu, la­da, teh, ka­ret. Ta­nam pak­sa da­pat ber­lang­sung ka­re­na di­to­pang oleh struk­tur dan sis­tem pe­me­rin­tah­an ko­lo­ni­al yang ada.

Ke­ti­ga, pe­rio­de 1870-1900. Ma­sa itu di­ke­nal de­ngan se­but­an pe­rio­de li­be­ral (li­be­ral pe­riod). Ba­nyak per­usa­ha­an swas­ta yang me­na­nam­kan mo­dal­nya ter­uta­ma di Ja­wa dan Su­ma­tra. Ma­suk­nya mo­dal se­be­nar­nya di­tu­ju­kan men­da­tang­kan ke­un­tung­an ba­gi ma­sya­ra­kat, le­wat pe­nye­dia­an la­pang­an ker­ja yang lu­as. Ter­nya­ta ha­sil­nya jus­tru le­bih bu­ruk. Ba­nyak pe­ta­ni ke­hi­lang­an ta­nah se­hing­ga me­re­ka men­ja­di pe­ta­ni peng­ga­rap ta­nah dan bu­kan la­gi pe­mi­lik.

Ta­nah se­ba­gai sa­lah sa­tu alat pro­duk­si da­lam ling­kar­an pro­duk­si ki­ni ter­asing da­ri pe­ta­ni. Pe­ta­ni te­ra­li­e­na­si da­ri alat pro­duk­si­nya. Se­ja­lan de­ngan itu, mun­cul ba­nyak tu­an ta­nah ba­ru yang bi­sa mem­be­li dan me­ngua­sai ta­nah yang lu­as. Ke­ba­nyak­an da­ri me­re­ka ber­asal da­ri ke­lom­pok et­nis ter­ten­tu (Arab, In­dia, Chi­na dan se­ge­lin­tir eli­te lo­kal).

Da­lam kon­teks se­per­ti ini, mun­cul apa yang oleh Sar­to­no di­se­but ag­ra­rian un­rest. Pe­ta­ni yang ter­asing da­ri alat pro­duk­si­nya, men­ja­di re­sah dan ge­li­sah. Hi­dup me­re­ka ka­cau dan ti­dak ten­tu arah. Mun­cul­lah pro­tes dan di be­be­ra­pa tem­pat ter­ja­di pem­be­ron­tak­an pe­ta­ni (peasants’ re­volt), se­per­ti yang ter­ja­di di Ban­ten pa­da 1888. Sar­to­no ya­kin mun­cul­nya pem­be­ron­tak­an an­ti­ko­lo­ni­al di be­be­ra­pa tem­pat di Ja­wa mun­cul ka­re­na be­ban hi­dup yang meng­him­pit pe­ta­ni.

Se­lain itu, ada un­sur yang meng­il­hami pem­be­ron­tak­an an­ti­ko­lo­ni­al se­ca­ra spi­ri­tu­al dan ide­o­lo­gis ya­i­tu me­re­bak­nya ra­mal­an Ja­ya­ba­ya ten­tang ba­kal mun­cul­nya Ra­tu Adil di Ja­wa. Se­ring pe­mim­pin pem­be­ron­tak­an di­pan­dang se­ba­gai wu­jud Ra­tu Adil yang akan mem­ba­wa ke­adil­an dan ke­da­mai­an di Ja­wa. Ha­rap­an akan Ra­tu Adil di­cam­pur se­di­kit di sa­na-si­ni de­ngan ha­rap­an akan ke­da­tang­an Imam Mah­di da­lam bing­kai vi­si te­o­lo­gi Is­lam.

Me­nya­da­ri ada­nya ag­ra­rian un­rest, pe­me­rin­tah ko­lo­ni­al me­nge­lu­ar­kan ke­bi­jak­an ba­ru be­ru­pa re­for­ma­si ag­ra­ria (ag­ra­rian re­form). Pe­me­rin­tah men­co­ba mem­ba­ta­si lu­as­nya pe­mi­lik­an ta­nah oleh tu­an ta­nah. Ten­tu ada ba­nyak pi­hak yang me­ra­sa amat di­ru­gi­kan oleh ke­bi­jak­an ini. Da­lam pe­lak­sa­na­an ke­bi­jak­an ba­ru, pe­ran apa­rat pe­me­rin­tah­an sam­pai ke ting­kat de­sa amat pen­ting. Itu se­bab­nya, me­re­ka ti­dak di­su­kai rak­yat.

Kehilangan orientasi

Rak­yat ke­hi­lang­an orien­ta­si ke­pe­mim­pin­an. Se­mu­la rak­yat ber­ori­en­ta­si pa­da pri­ya­yi, ki­ni ber­ba­lik men­ja­di an­ti­pri­ya­yi ka­re­na me­re­ka ti­dak la­gi men­ja­di so­sok pe­mim­pin se­ja­ti te­ta­pi men­ja­di alat pe­me­rin­tah ko­lo­ni­al. Rak­yat pun men­ca­ri so­sok pe­mim­pin ba­ru. Se­ca­ra tra­di­sio­nal me­re­ka me­mi­liki pe­mim­pin ba­ru da­lam bi­dang ro­ha­ni ya­i­tu ha­ji.

Ha­ji men­ja­di mo­del pe­mim­pin al­ter­na­tif da­lam bi­dang ke­aga­ma­an. Pa­ra ha­ji yang ju­ga pe­mi­lik ta­nah atau tu­an ta­nah di be­be­ra­pa tem­pat ju­ga me­ra­sa di­ru­gi­kan oleh ke­bi­jak­an ag­ra­rian re­form. Ten­tu me­re­ka pro­tes. Un­tuk itu, me­re­ka mem­bu­tuh­kan peng­ikut. Di pi­hak lain, rak­yat mem­bu­tuh­kan so­sok pe­mim­pin al­ter­na­tif di lu­ar pri­ya­yi. Ini kom­bi­na­si yang ba­ik, bles­sing in dis­gu­i­se se­ka­li­gus ba­gi ke­dua pi­hak. Un­tuk mem­per­ku­at ra­sa sa­ling mem­bu­tuh­kan itu­lah, di­pa­kai pe­re­kat atau ko­he­si ide­o­lo­gi re­li­gius, ya­i­tu ga­gas­an Imam Mah­di.

Da­lam ar­ti ter­ten­tu, ha­ri-ha­ri ini, di Jog­ja ju­ga se­dang ter­ja­di un­rest. Bu­kan ag­ra­rian un­rest se­per­ti di­ga­gas Sar­to­no, me­la­in­kan un­rest lain. Sa­ya se­but ke­re­sah­an so­sio-po­li­tis (so­cio po­li­ti­cal un­rest). Itu se­mua be­rang­kat da­ri dis­ku­si me­nge­nai sta­tus ke­is­ti­me­wa­an DIY. Sa­ya bu­kan orang Jog­ja, me­la­in­kan pe­ran­tau.

Ke­ti­ka me­ran­tau ke Ja­wa, sa­ya da­tang per­ta­ma ka­li ke Jog­ja se­hing­ga ko­ta ini se­per­ti kam­pung sen­di­ri ba­gi sa­ya. Sta­tus ke­is­ti­me­wa­an DIY ada­lah fak­ta se­ja­rah yang su­dah la­ma ada dan dia­kui. Akan te­ta­pi akhir-akhir ini se­per­ti di­gun­cang la­gi, en­tah de­ngan mo­ti­va­si apa, dan un­tuk tu­ju­an apa. Sa­ya ti­dak ber­spe­ku­la­si ten­tang mo­ti­va­si dan tu­ju­an se­per­ti itu.

Di si­ni, sa­ya ha­nya ingin me­nga­ta­kan bah­wa dis­kur­sus ke­is­ti­me­wa­an se­ka­rang me­mun­cul­kan so­cio po­li­ti­cal un­rest di Jog­ja yang ikut me­ma­nas­kan Ja­kar­ta dan bang­sa se­ca­ra ke­se­lu­ruh­an. Mung­kin ke­ya­kin­an ada­gi­um po­li­tis yang me­nga­ta­kan ”gem­pa” Jog­ja akan meng­gun­cang In­do­ne­sia ada be­nar­nya.

Sa­ya ta­kut, se­ba­gai­ma­na ag­ra­rian un­rest di Ban­ten pa­da akhir abad 19 ber­mua­ra pa­da pem­be­ron­tak­an, ja­ngan-ja­ngan so­cio po­li­ti­cal un­rest di Jog­ja ju­ga akan ber­ak­hir pa­da mim­pi bu­ruk se­per­ti itu. Ki­ta ten­tu ber­ha­rap ti­dak. Ma­ri ber­sa­ma-sa­ma men­ce­gah­nya, ter­uta­ma me­re­ka yang me­mu­lai­nya dan mem­pu­nyai po­li­ti­cal ves­ted in­te­rest (ke­pen­ting­an po­li­tik) un­tuk me­mu­lai dan me­ngom­po­ri­nya. Ma­ri ki­ta pa­dam­kan un­rest ini se­be­lum men­ja­di re­volt.(JIBI/Harian Jogja) - 

Oleh : Fran­sis­kus Bor­gi­as M Do­sen Fa­kul­tas Fil­sa­fat Un­par Ban­dung, ma­ha­sis­wa dok­to­ral ICRS

Opini Solo Pos 16 Desember 2010