22 Desember 2010

» Home » Opini » Solo Pos » Me­wu­jud­kan em­pa­ti Na­tal

Me­wu­jud­kan em­pa­ti Na­tal

Se­tiap tang­gal 25 De­sem­ber umat Kris­tia­ni se­ja­gat me­ra­ya­kan Na­tal, ke­la­hir­an Ye­sus Kris­tus, yang men­ja­di pu­sat hi­dup umat Kris­tia­ni.

Apa yang ma­sih bi­sa di­re­nung­kan da­ri pe­ris­ti­wa ini da­lam kon­teks ke­hi­dup­an so­si­al-po­li­tik za­man ini?

Em­pa­ti Na­tal! Dua ka­ta itu yang sa­at ini me­mi­liki sig­ni­fi­kan­si dan re­le­van­si un­tuk di­wu­jud­kan da­lam kon­teks ke­hi­dup­an ber­sa­ma. Ka­ta em­pa­ti, da­lam ba­ha­sa Ing­gris em­pa­thy, me­nu­rut The Ox­ford En­glish Dic­tion­ary me­ru­pa­kan ke­mam­pu­an un­tuk meng­in­den­ti­fi­ka­si di­ri se­ca­ra men­tal de­ngan se­se­o­rang dan me­nge­ta­hui pe­ra­sa­an-pe­ra­sa­an­nya.

Ada­lah Je­re­my Rif­kin, pen­di­ri dan pre­si­den The Foun­da­tion on Eco­no­mic Trends da­lam bu­ku­nya The Em­pha­tic Ci­vi­li­za­tion: The Ra­ce to Glo­bal Con­scio­us­ness in a World in Cri­sis (Tar­cher/Pe­nguin: Ja­nua­ri 2010) me­ne­gas­kan bah­wa pa­da da­sar­nya ma­nu­sia ada­lah ma­nu­sia em­pa­tik, ho­mo em­pha­ti­cus! Da­lam ma­sya­ra­kat yang ma­je­muk dan hi­dup da­lam plu­ra­li­tas, tak ada ja­lan lain un­tuk meng­ha­ya­ti ke­ber­sa­ma­an yang le­bih ba­ik ke­cua­li de­ngan me­wu­jud­kan em­pa­ti da­lam ke­hi­dup­an ber­sa­ma.

So­li­da­ri­tas

Em­pa­ti tak se­ka­dar be­las ka­sih. Le­bih da­ri itu, em­pa­ti ada­lah so­li­da­ri­tas de­ngan se­sa­ma dan se­mes­ta. So­li­da­ri­tas tak se­ka­dar me­nyen­tuh ke­hi­dup­an ma­nu­sia, te­ta­pi ju­ga alam se­mes­ta. So­li­da­ri­tas tak ha­nya ber­si­fat so­si­al, me­la­in­kan ju­ga eko­lo­gis!

De­mi­ki­an pun de­ngan em­pa­ti. Me­na­rik yang di­re­flek­si­kan oleh Al­bert No­lan da­lam bu­ku­nya yang ber­ju­dul Je­sus To­day, A Spi­ri­tua­li­ty of Ra­di­cal Fre­edom (2009: 242) ten­tang em­pa­ti. Me­nu­rut­nya, em­pa­ti le­bih lu­as da­ri be­las ka­sih. Ki­ta di­ge­rak­kan be­las ka­sih ba­gi me­re­ka yang men­de­ri­ta. Na­mun se­sung­guh­nya, em­pa­ti ju­ga ki­ta arah­kan ke­pa­da me­re­ka yang ti­dak se­dang men­de­ri­ta!

Sing­kat­nya, ki­ta men­de­ri­ta ber­sa­ma me­re­ka yang men­de­ri­ta. Ki­ta ju­ga ber­gem­bi­ra de­ngan me­re­ka yang ber­gem­bi­ra. Da­lam em­pa­ti, ki­ta me­nga­sihi ber­sa­ma me­re­ka yang me­nga­sihi, ju­ga me­na­ngis ber­sa­ma me­re­ka yang me­na­ngis. Da­lam em­pa­ti, ki­ta ber­ju­ang ber­sa­ma me­re­ka yang ber­ju­ang!

Kun­ci da­ri em­pa­ti ada­lah ha­ti dan pe­ra­sa­an. Ki­ta me­ra­sakan pe­ra­sa­an me­re­ka ka­re­na me­re­ka ada­lah pri­ba­di-pri­ba­di yang ber­pe­ra­sa­an se­per­ti ki­ta ju­ga. Ki­ta pri­ha­tin (ha­ti yang pe­rih, me­ra­sakan ke­pe­dih­an) ber­sa­ma me­re­ka yang se­dang ter­tim­pa pen­de­ri­ta­an.

Ter­do­rong oleh em­pa­ti, ki­ta me­ra­sakan pen­de­ri­ta­an me­re­ka yang la­par, yang ti­dak mem­pu­nyai tem­pat ting­gal, yang meng­ang­gur, pa­ra kor­ban pe­le­ceh­an dan eks­ploi­ta­si, yang sa­kit dan se­ka­rat, me­re­ka yang ke­se­pi­an dan pa­ra ta­wan­an. Em­pa­ti meng­ge­rak­kan ki­ta un­tuk ber­be­la­ra­sa de­ngan me­re­ka yang ter­ping­gir­kan, ter­tin­das dan ter­abai­kan!

Ber­ba­gi

Em­pa­ti men­do­rong ki­ta un­tuk bu­kan ha­nya ter­li­bat da­lam sen­ti­men­ta­lis­me dan ro­man­tis­me me­lan­ko­lik ba­gi me­re­ka yang men­de­ri­ta, me­la­in­kan me­lang­kah ma­ju da­lam prak­sis ber­ba­gi! Se­iring de­ngan ke­sa­dar­an bah­wa so­li­da­ri­tas an­ta­ru­mat ma­nu­sia per­lu di­ra­jut da­ri ha­ri ke ha­ri, ju­ga de­ngan me­re­ka yang ber­be­da da­ri ki­ta, ki­ta di­ajak un­tuk meng­arah­kan se­mua yang ki­ta la­ku­kan dan ki­ta ka­ta­kan de­mi ter­wu­jud­nya ke­ba­ik­an ber­sa­ma (bo­num com­mu­ne).

Pa­ra­dig­ma dan se­ma­ngat ber­ba­gi se­ca­ra ver­bal ter­ung­kap da­lam per­nya­ta­an: yang ter­ba­ik ba­gi se­tiap orang ada­lah yang ter­ba­ik pu­la ba­gi­ku dan da­lam hi­dup­ku. Jus­tru ka­re­na itu­lah, tak ada pi­lih­an ke­cua­li me­la­ku­kan yang ter­ba­ik un­tuk ke­pen­ting­an dan ke­ba­ik­an ber­sa­ma da­lam ke­hi­dup­an se­ha­ri-ha­ri.

Se­ma­ngat ber­ba­gi tak ha­nya da­lam hal-hal yang ber­si­fat ma­te­ri­al dan eko­no­mis, te­ta­pi ju­ga da­lam hal me­wu­jud­kan yang ba­ik, men­ja­ga ke­utuh­an se­mes­ta, me­me­li­ha­ra ke­ru­kun­an, per­sa­tu­an dan hi­dup yang har­mo­nis di te­ngah ke­ber­agam­an. Se­ma­ngat ber­ba­gi ter­tu­ju ke­pa­da yang di lu­ar di­ri ki­ta, de­mi ke­ba­ik­an ber­sa­ma.

Per­sis itu­lah po­kok pen­ting da­ri Na­tal per­da­na! Ke­la­hir­an Ye­sus Kris­tus di te­ngah du­nia ada­lah un­tuk me­wu­jud­kan em­pat da­lam so­li­da­ri­tas dan se­ma­ngat ber­ba­gi. Itu­lah se­bab­nya da­lam kar­ya dan pe­la­yan­an pub­lik-Nya nan­ti, se­te­lah Ia men­ja­di de­wa­sa, ci­ta-ci­ta yang hen­dak di­wu­jud­kan-Nya ada­lah men­do­rong se­ma­ngat ber­ba­gi.

Bah­wa Ia ber­ke­nan di­la­hir­kan di tem­pat yang ti­dak me­wah, bah­kan cen­de­rung kes­ra­kat da­lam ke­mis­kin­an ada­lah wu­jud awal peng­ha­yat­an em­pa­ti, so­li­da­ri­tas dan se­ma­ngat ber­ba­gi yang di ke­mu­di­an ha­ri men­ja­di sa­lah sa­tu ci­ri kar­ya pe­la­yan­an-Nya. Ia me­ra­sakan pen­de­ri­ta­an me­re­ka yang te­lan­tar, ter­abai­kan dan ter­tin­das.

Ten­tu sa­ja se­ma­ngat ber­ba­gi tak se­ka­dar si­kap der­ma­wan, me­la­lui der­ma dan se­de­kah! Se­ma­ngat ber­ba­gi bu­kan ha­nya ke­re­la­an mem­be­ri­kan ke­pa­da ka­um pa­pa mis­kin da­ri ke­lim­pah­an ki­ta sen­di­ri, me­la­in­kan ju­ga ke­re­la­an mem­be­ri­kan bah­kan da­ri ke­ku­rang­an dan ke­ter­ba­tas­an ki­ta.

Se­mo­ga pe­ra­ya­an Na­tal di Ta­nah Air yang se­dang ter­tim­pa ba­nyak ben­ca­na, ban­jir di Wa­sior, gem­pa dan tsu­na­mi di Men­ta­wai, le­tus­an Gu­nung Me­ra­pi di Ka­bu­pa­ten Sle­man, DIY, Ka­bu­pa­ten Bo­yol­ali dan Ma­ge­lang, Ja­wa Te­ngah; ju­ga ber­ba­gai ben­ca­na so­si­al-po­li­tik di ne­ge­ri ini da­lam upa­ya me­wu­jud­kan ke­ru­kun­an, ke­adil­an dan ke­se­jah­te­ra­an; se­ma­kin se­ja­ti da­lam em­pa­ti Na­tal per­da­na! De­ngan de­mi­ki­an em­pa­ti Na­tal pun di­wu­jud­kan se­ba­gai upa­ya se­ma­kin men­ja­di ber­kat ba­gi se­sa­ma dan se­mes­ta!

Ki­ta me­mang ha­rus ba­nyak be­la­jar da­ri pa­ra re­la­wan dan der­ma­wan, yang de­ngan tu­lus ikh­las, spon­tan, tan­pa re­ka­ya­sa dan tan­pa pre­ten­si pen­ci­tra­an di­ri, te­lah meng­ha­bis­kan ba­nyak wak­tu, te­na­ga dan per­ha­ti­an un­tuk ber­em­pa­ti de­ngan pa­ra kor­ban ben­ca­na. Me­re­ka te­lah me­re­pre­sen­ta­si­kan dan me­wu­jud­kan iden­ti­tas me­re­ka se­ba­gai ma­sya­ra­kat war­ga yang ber­em­pa­ti, so­li­der dan ber­ba­gi de­ngan yang men­de­ri­ta. Se­la­mat Na­tal 2010! - Oleh : Alo­ys Bu­di Pur­no­mo Pr Bu­da­ya­wan In­ter­re­li­gius Ke­tua Ko­mi­si Hu­bung­an An­ta­ra­ga­ma dan Ke­per­ca&


Opini Solo Pos 23 Desember 2010