23 Desember 2010

» Home » Opini » Solo Pos » Pra­kar­sa ke­hu­masan muslim Inggris

Pra­kar­sa ke­hu­masan muslim Inggris

Da­sa­war­sa ter­akhir meng­ha­dir­kan ba­nyak tan­tang­an ba­gi ka­um mus­lim di Ing­gris. Se­te­lah se­rang­an 11 Sep­tem­ber di New York dan 7 Ju­li di Lon­don, pa­ra peng­anut aga­ma ter­be­sar ke­dua di du­nia ini men­ja­di so­ro­tan ta­jam me­dia.

Si­tua­si­nya me­mang tam­pak su­ram, na­mun ma­sih ada se­cer­cah ha­rap­an.

Pu­sat per­ha­ti­an ko­mu­ni­tas mus­lim di Ing­gris ada­lah pa­da pe­mu­li­han, pem­ba­ngun­an dan ke­ter­li­bat­an le­bih di­ban­ding­kan se­be­lum­nya, apa­la­gi sa­at pro­yek-pro­yek ko­mu­ni­tas lo­kal dan akar rum­put ber­mun­cul­an di se­lu­ruh ne­ge­ri.

Sem­bi­lan ta­hun se­te­lah se­rang­an di Ame­ri­ka Se­ri­kat dan li­ma ta­hun se­te­lah bom Lon­don, su­dah­kah si­tua­si mus­lim Ing­gris mem­ba­ik? Su­lit un­tuk men­ja­wab­nya de­ngan te­pat, ta­pi ja­jak pen­da­pat Yo­u­Gov pa­da akhir Mei 2010 meng­ung­kap bah­wa sa­tu da­ri dua orang Ing­gris meng­aso­sia­si­kan Is­lam de­ngan eks­tre­mis­me dan te­ro­ris­me.

Ha­nya enam per­sen yang ber­pen­da­pat Is­lam me­nye­ru­kan ke­adil­an. Enam pu­luh tu­juh per­sen ber­pen­da­pat bah­wa Is­lam me­nge­kang pe­rem­pu­an dan 41 per­sen “ti­dak se­tu­ju” atau “sa­ngat ti­dak se­tu­ju” de­ngan pe­mi­kir­an bah­wa ka­um mus­lim pu­nya pe­nga­ruh po­si­tif pa­da ma­sya­ra­kat Ing­gris.

Ja­jak pen­da­pat ini ada­lah atas per­min­ta­an se­buah lem­ba­ga amal ba­ru, Ex­plo­ring Is­lam Foun­da­tion (EIF), yang di­di­ri­kan oleh se­ke­lom­pok pro­fe­sio­nal mu­da mus­lim Ing­gris yang sa­ngat pe­du­li de­ngan per­sep­si ma­sya­ra­kat ten­tang aga­ma me­re­ka.

Ya­yas­an ini, yang ber­tu­ju­an me­la­wan mis­kon­sep­si ten­tang Is­lam dan me­ning­kat­kan ke­sa­dar­an ten­tang ni­lai-ni­lai uni­ver­sal dan kon­tri­bu­si Is­lam, ber­upa­ya me­lan­jut­kan upa­ya-upa­ya lo­kal yang le­bih du­lu suk­ses da­ri ber­ba­gai or­ga­ni­sa­si Is­lam dan ka­um mus­lim.

Lem­ba­ga ini me­man­dang, se­ka­rang­lah sa­at­nya pe­nga­ru­su­ta­ma­an Is­lam di ma­ta ma­sya­ra­kat. EIF me­lun­cur­kan kam­pa­nye me­dia per­ta­ma­nya, In­spi­red by Mu­ham­mad (Ter­in­spi­ra­si oleh Na­bi Mu­ham­mad), pa­da Ju­ni 2010.

Pra­kar­sa ke­hu­masan yang be­ra­ni ini ter­uta­ma me­nam­pil­kan kam­pa­nye yang men­ca­kup ti­ga isu yang di­per­ju­ang­kan oleh Na­bi Mu­ham­mad: hak-hak pe­rem­pu­an, ke­adil­an so­si­al, dan per­lin­dung­an ling­kung­an hi­dup. Gam­bar-gam­bar mus­lim yang ter­kait de­ngan ma­sing-ma­sing ni­lai itu di­tem­pat­kan di ber­ba­gai sa­ra­na la­lu lin­tas Lon­don: di sta­si­un ke­re­ta ba­wah ta­nah, di hal­te-hal­te bus, dan di lam­pu-lam­pu tak­si yang su­dah men­ja­di ikon ko­ta itu.

In­spi­red by Mu­ham­mad me­nye­dot per­ha­ti­an yang be­sar di ting­kat na­sio­nal mau­pun in­ter­na­sio­nal. Kam­pa­nye ini di­li­put oleh ra­tus­an me­dia da­ri Ti­mur Te­ngah hing­ga Mek­si­ko, da­ri New York hing­ga Se­lan­dia Ba­ru dan ber­ha­sil men­jang­kau ber­ju­ta-ju­ta orang.

Ni­lai se­ja­ti Is­lam

Si­tus­nya me­ne­ri­ma 200.000 kun­jung­an ha­nya da­lam sa­tu ma­lam se­te­lah di­lun­cur­kan, dan peng­un­jung­nya pun ber­asal da­ri 60 le­bih ne­ga­ra. Kam­pa­nye ini di­ba­has di blog-blog, Twit­ter dan ber­ba­gai si­tus je­ja­ring so­si­al.

Email-email pun mem­ban­jir, ter­uta­ma da­ri orang-orang mus­lim yang me­nya­ta­kan ke­bang­ga­an me­re­ka pa­da se­buah kam­pa­nye yang me­re­ka ang­gap me­wa­kili ni­lai-ni­lai se­ja­ti Is­lam. In­spi­red by Mu­ham­mad ada­lah upa­ya yang ber­pe­ran pen­ting ba­gi tum­buh­nya ke­per­ca­ya­an di­ri men­ja­di ba­gi­an da­ri iden­ti­tas mus­lim Ing­gris.

Res­pons me­dia arus uta­ma pun sa­ngat po­si­tif. Kam­pa­nye itu bah­kan men­ja­di kon­ten aca­ra te­le­vi­si se­per­ti The Big Ques­tions di BBC, yang meng­ang­kat te­ma Do­es Is­lam Need Bet­ter PR? (Apa­kah Is­lam Bu­tuh Ke­hu­masan yang Le­bih Ba­ik?).

Pa­ra pe­ser­ta aca­ra ini, ter­ma­suk pe­nya­ir Ben­ja­min Ze­pha­ni­ah dan re­dak­tur se­ni­or New Sta­tes­men, Meh­di Ha­san, me­mu­ji kam­pa­nye ter­se­but se­ba­gai con­toh ge­mi­lang ke­hu­masan ba­gi Is­lam. Di ting­kat in­di­vi­du, mes­ki ada se­jum­lah blog yang meng­gu­na­kan ke­sem­pat­an itu jus­tru un­tuk meng­eks­pre­si­kan sen­ti­men an­ti­mus­lim, ba­nyak pu­la yang men­du­kung EIF: Sa­ya se­o­rang non­mus­lim. Sa­ya sa­ngat ter­in­spi­ra­si oleh ker­ja An­da. Be­gi­tu ka­ta se­se­o­rang da­lam email-nya.

Mes­ki­pun te­mu­an ja­jak pen­da­pat Yo­u­Gov me­nge­ce­wa­kan, ka­mi se­la­ku mus­lim yang ting­gal di Ing­gris pun me­ra­sa le­bih ber­ke­wa­jib­an un­tuk men­ja­di pro­ak­tif da­ri­pa­da re­ak­tif, un­tuk me­ya­kin­kan orang da­ri­pa­da me­nge­luh se­ba­gai kor­ban, dan un­tuk te­rus mem­be­ri­kan kon­tri­bu­si ber­har­ga ba­gi ke­ma­ju­an ma­sya­ra­kat Ing­gris.

Se­te­lah res­pons po­si­tif ter­ha­dap kam­pa­nye per­da­na­nya, EIF sa­at ini me­nyi­ap­kan kam­pa­nye se­lan­jut­nya, yang akan di­lun­cur­kan pa­da Ja­nua­ri 2011, de­ngan fo­kus pa­da se­ja­rah ko­ek­sis­ten­si dan sa­ling me­nga­sihi an­ta­ra mus­lim dan Ya­hu­di; se­buah hu­bung­an yang pen­ting ta­pi sen­si­tif, di ma­na se­ja­rah pan­jang con­vi­ven­cia (ko­ek­sis­ten­si dan to­le­ran­si ti­ga aga­ma di An­da­lu­sia—red) di da­lam­nya se­la­ma ini di­ka­lah­kan oleh si­tua­si geo­po­li­tik.

Kam­pa­nye EIF ke­dua, Mis­sing Pa­ges (Ha­la­man yang Hi­lang), akan me­nyua­ra­kan so­li­da­ri­tas pa­da Ha­ri Me­nge­nang Ho­lo­caust pa­da 27 Ja­nua­ri dan me­nun­juk­kan bah­wa an­ti­se­mit­is­me ber­ten­tang­an de­ngan ajar­an Is­lam. Yang ju­ga akan men­ja­di ba­gi­an pen­ting da­ri kam­pa­nye ini ada­lah me­nam­pil­kan fo­to­gra­fer Ya­hu­di Ame­ri­ka Nor­man Gershman da­ri Eye Con­tact Foun­da­tion, yang men­do­rong to­le­ran­si glo­bal de­ngan me­man­fa­at­kan fo­to­gra­fi, un­tuk ber­bi­ca­ra ten­tang bu­ku­nya, Be­sa: Mus­lims Who Sa­ved Jews in World War II.

EIF akan be­ker­ja sa­ma de­ngan uni­ver­si­tas-uni­ver­si­tas un­tuk meng­ada­kan tur ku­li­ah umum, dan men­cip­ta­kan ru­ang ba­gi ma­sya­ra­kat mus­lim dan Ya­hu­di di se­lu­ruh Ing­gris un­tuk ber­kum­pul ber­sa­ma da­lam se­buah pra­kar­sa pen­ting yang di­se­leng­ga­ra­kan ber­sa­ma.

Da­sa­war­sa ter­akhir mung­kin pe­nuh de­ngan tan­tang­an, na­mun ju­ga me­mun­cul­kan con­toh-con­toh upa­ya sa­ling mem­ba­ngun pe­nger­ti­an dan ak­si po­si­tif. Mes­ki meno­leh ke be­la­kang mung­kin bi­sa mem­bang­kit­kan ke­se­dih­an yang ber­cam­pur ra­sa syu­kur akan upa­ya-upa­ya itu, mus­lim Ing­gris ki­ni bi­sa me­na­tap ma­sa de­pan de­ngan ha­rap­an dan te­kad yang ku­at.

Ing­gris ber­ada di ba­ris de­pan Ero­pa da­lam hal me­me­li­ha­ra ke­ra­gam­an, dan ini ada­lah pe­lu­ang ba­gi ba­nyak ko­mu­ni­tas Ing­gris un­tuk ber­kum­pul da­lam dia­log dan har­mo­ni. Ma­sih ada ba­nyak yang per­lu di­la­ku­kan, ta­pi se­ti­dak­nya lang­kah-lang­kah awal te­lah di­tem­puh.





Opini Solo Pos 24 Desember 2010