10 Desember 2010

» Home » Sexology » Wanita » Mengapa Pria Sulit Meminta Maaf?

Mengapa Pria Sulit Meminta Maaf?

PRIA dikenal sulit meminta maaf, ternyata hal itu memang benar adanya. Para ilmuwan Kanada mencoba membuktikannya pada sebuah penelitian.
Menurut informasi yang dilansir CyberNews dari geniusbeauty, dari penelitian tersebut diketahui perbedaan kemampuan pengakuan rasa bersalah antara wanita dengan pria yang cukup signifikan. Hal ini dikuatkan juga penemuan jurnal science, bahwa pria dan wanita memiliki perbedaan yang signifikan saat meminta maaf.
Penelitian melibatkan 66 sukarelawan (33 pria dan 33 wanita). Selama dua minggu, para peneliti mencatat emosi sukarelawan yang terkait dengan hubungan mereka dengan orang lain.
Cukup mengagetkan, dari penelitian tersebut terungkap juga saat berargumen, 30 persen wanita cenderung menggunakan kata kasar dibandingkan pria. Dan pria justru lebih tenang saat bereaksi dan kebal terhadap penghinaan.
Dalam hasil penelitian, ditemukan kecenderungan pria meminta maaf dan mengakui kesalahannya ketika terlibat konflik sangat kecil. Sedang 35 persen wanita lebih bersifat terbuka dan mengakui kesalahannya dibanding pria.
Perbedaan utama dalam pengakuan kesalahan antara pria dan wanita bisa terlihat dalam hubungan yang mereka jalani. Wanita cenderung berpikir secara emosional, takut menyakiti perasaan pasangannya, dan segera meminta maaf jika melakukan kesalahan. Sedangkan pria jauh lebih rasional dan butuh penjelasan logis atas alasan kenapa mereka harus meminta maaf.

Suara Merdeka 3 November 2010