14 Desember 2010

» Home » Opini » Solo Pos » 2010, Vi­di­mus om­nia

2010, Vi­di­mus om­nia

Ka­mi me­li­hat se­mua ada­lah ar­ti Vi­di­mus om­nia”. Ka­li­mat ini sem­boyan Pen­ta­gon/De­par­te­men Per­ta­han­an AS.

Sem­boyan itu ki­ni ber­mak­na ke­te­lan­jangan. Se­ben­tar la­gi, 2010 me­ning­gal­kan ki­ta, mem­bu­ka ma­ta ki­ta se­mua un­tuk me­li­hat ke­te­lan­jangan bera­gam pe­ris­ti­wa.

Da­ri lu­ar ne­ge­ri, ki­ta ter­be­la­lak de­ngan pub­li­ka­si si­tus Wi­ki­Le­aks de­ngan to­koh Ju­li­an As­sa­nge yang me­mu­bli­ka­si­kan do­ku­men ra­ha­sia ter­uta­ma se­pak ter­jang AS da­lam meng­aman­kan ke­pen­ting­an so­si­al, po­li­tik, eko­no­mi dan ke­ku­at­an per­ta­han­an­nya da­lam rang­ka me­nan­cap­kan he­ge­mo­ni ke­kua­sa­an di se­lu­ruh pen­ju­ru ja­gat.

Ba­nyak yang men­ca­ci dua na­mun ba­nyak ju­ga yang me­mu­ji ke­ber­ani­an dia. Yang me­mu­ji ter­ma­suk me­dia be­sar di Ame­ri­ka Se­ri­kat se­per­ti The New York Ti­mes, The Was­hing­ton Post, Ti­me de­ngan da­lih bah­wa pub­li­ka­si itu men­do­rong trans­pa­ran­si. Bah­kan Ju­li­an As­sa­nge men­ja­di kan­di­dat ter­kuat Per­son Of The Ye­ar Ma­ja­lah Ti­me.

Yang me­na­rik, ter­nya­ta ada le­bih ku­rang 3.000 ka­wat ra­ha­sia yang ber­sum­ber da­ri Ke­du­ta­an Be­sar AS di Ja­kar­ta yang mem­bu­at Ke­men­te­ri­an Lu­ar Ne­ge­ri ke­la­ba­kan se­bab ba­nyak hal sen­si­tif yang mem­be­ri pem­be­nar­an bah­wa yang na­ma­nya “res­tu Was­hing­ton” itu me­mang be­nar ada da­lam pe­nen­tu­an ke­kua­sa­an di In­do­ne­sia.

Di da­lam ne­ge­ri, rak­yat ju­ga me­li­hat se­mua ke­te­lan­jangan du­nia po­li­tik, eko­no­mi dan hu­kum se­ba­gai bu­ah da­ri ke­ter­bu­ka­an, ke­mer­de­ka­an dan ke­be­bas­an pers se­hing­ga ak­ses ter­ha­dap me­dia se­de­mi­ki­an mu­dah. Nya­ris ti­dak ada ra­ha­sia yang mam­pu di­tu­tupi. Ji­ka se­ka­rang ma­sih meng­ang­gap rak­yat ke­cil itu bo­doh, ob­jek ke­kua­sa­an, yang ber­ang­gap­an de­mi­ki­an itu­lah yang bo­doh. Rak­yat cer­das dan de­ngan lo­gi­ka­nya sen­di­ri mam­pu ber­pi­kir jer­nih ja­uh da­ri lo­gi­ka beng­kok pa­ra elit di pe­me­rin­tah­an, par­tai po­li­tik dan lain-lain. Vi­di­mus Om­nia!

Ta­hun 2010 ada­lah ta­hun ke­te­lan­jangan. Ke­te­lan­jangan yang pa­ling nya­ta ada­lah ke­per­gi­an Sri Mulyani In­dra­wa­ti ke Was­hing­ton men­ja­di Ma­na­ging Di­rec­tor World Bank, me­ning­gal­kan kur­si Men­te­ri Ke­uang­an le­wat po­li­tik da­gang sa­pi ber­na­ma Pan­sus Bank Cen­tu­ry. Vi­di­mus Om­nia!

Ga­yus Tam­bu­nan, na­ma pa­ling po­pu­ler me­nam­bah da­ya ge­dor ma­ta rak­yat da­lam me­li­hat ke­te­lan­jangan. Le­wat Ga­yus, rak­yat ja­di ta­hu bah­wa yang na­ma­nya ma­fia hu­kum itu me­mang be­nar.

Di ke­po­li­si­an, ba­ru Kom­jen Sus­no Duad­ji, di ke­jak­sa­an mun­cul na­ma jak­sa Cy­rus Si­na­ga. Di ka­lang­an ad­vo­kat, na­ma ha­pos­an Hu­ta­ga­lung dan di peng­adil­an ba­ru mun­cul na­ma ha­kim Mu­ham­mad As­nun yang apes na­sib­nya. Pa­da­hal, ma­fia itu ada di ma­na-ma­na na­mun un­tou­cha­ble (tak ter­sen­tuh). Hu­kum men­ja­di ko­mo­di­tas di ka­lang­an pe­ne­gak hu­kum. Sem­boyan fi­at jus­ti­tia ru­at mun­di, hu­kum te­tap te­gak mes­ki du­nia run­tuh, ha­nya ada da­lam dik­tat ma­ta ku­li­ah di Fa­kul­tas Hu­kum.

Ke­te­lan­jangan ma­ta rak­yat mam­pu me­li­hat hal-hal yang ka­sat­ma­ta bah­wa meng­apa yang men­ja­di kor­ban ha­nya me­re­ka yang di le­vel ba­wah? Meng­apa ha­nya Ga­yus, AKP Sri Su­mar­ti­ni, Kom­pol Ara­fat? Ke ma­na per­wi­ra ting­gi yang ba­nyak di­se­but itu? Meng­apa per­usa­ha­an pem­be­ri su­ap ke­pa­da Ga­yus ti­dak di­sen­tuh se­ba­gai­ma­na per­min­ta­an peng­aca­ra Ga­yus, Ad­nan Bu­yung Na­su­tion? Pa­da­hal na­ma per­usa­ha­an pe­nyu­ap agar men­da­pat ke­ri­ngan­an pa­jak su­dah je­las di­se­but. Vi­di­mus Om­nia!

Tawar-menawar

Ada ju­ga ke­te­lan­jangan da­lam pe­nen­tu­an po­si­si Jak­sa Agung dan Ka­pol­ri. Na­ma Jak­sa Agung dan Ka­pol­ri la­ma se­ka­li mun­cul ter­kait po­li­tik trans­ak­sio­nal. Pub­lik ta­hu bah­wa ba­nyak ke­pen­ting­an di­ba­lik pe­nun­ju­kan pe­ting­gi ke­jak­sa­an dan ke­po­li­si­an. Ada ta­war-me­na­war sia­pa da­pat apa dan se­be­ra­pa ba­nyak.

Na­ma Kom­jen Nan­an Su­kar­na dan Kom­jen Imam Sud­jar­wo be­re­dar ku­at se­be­lum mun­cul­nya na­ma Kom­jen Ti­mur Pra­do­po yang pang­kat dan ja­bat­an­nya na­ik ber­ka­li-ka­li da­lam hi­tung­an jam dan akhir­nya men­ja­di Ka­pol­ri.

Pub­lik me­li­hat de­ngan te­lan­jang bah­wa yang di­ke­hen­da­ki oleh Ci­ke­as ada­lah Kom­jen Imam Sud­jar­wo un­tuk mem­be­ri ru­ang ke­pa­da May­jen Pra­mo­no Edhie Wi­bo­wo, ipar SBY, men­ja­di KSAD bah­kan Pang­li­ma TNI se­bab sa­ma-sa­ma lu­lus­an Akab­ri 1980. Yang sa­tu Ka­pol­ri, yang sa­tu­nya la­gi KSAD dan se­te­lah itu Pang­li­ma TNI.

Ci­ke­as akhirnya pilih Timur Pradopo se­bab ada pe­no­la­kan in­ter­nal ke­po­li­si­an ter­uta­ma per­wi­ra ting­gi ang­kat­an 1978. Vi­di­mus Om­nia!

Yang pa­ling akhir ke­te­lan­jangan di ne­ge­ri ini ada­lah sta­te­ment Pre­si­den SBY ten­tang mo­nar­ki di da­lam NKRI yang me­nyu­lut emo­si ele­men ma­sya­ra­kat Yog­ya­kar­ta. Naif ji­ka SBY ti­dak meng­er­ti se­ja­rah dan kon­tri­bu­si Yog­ya­kar­ta ter­ha­dap NKRI. Akhir­nya pub­lik ta­hu bah­wa Sul­tan HB X ada­lah ba­tu san­dung­an Pre­si­den SBY ba­ik le­wat Na­sio­nal De­mo­krat (Nas­dem) mau­pun le­wat Sul­tan sen­di­ri yang sa­ngat kri­tis. SBY pa­ham bah­wa da­lam kul­tur Ma­ta­ram ti­dak bo­leh ada ma­ta­ha­ri kem­bar. Sa­tu-sa­tu­nya ja­lan men­je­gal Sul­tan HB X ada­lah le­wat pro­duk ber­na­ma UU me­nge­nai Ke­is­ti­me­wa­an DIY. Vi­di­mus Om­nia!

Ba­nyak hal aneh yang mam­pu di­li­hat de­ngan ma­ta te­lan­jang oleh rak­yat se­la­ma 2010 ini. Un­tung­lah rak­yat me­mi­liki si­kap we­las asih ter­ha­dap pe­mim­pin­nya mes­ki­pun me­re­ka se­ring di­bo­hongi. Me­re­ka ti­dak ma­rah, ma­lah ter­ta­wa ge­li sam­bil me­nya­nyi­kan sa­lah sa­tu aria da­lam Ope­ra Jul­ius Ca­e­car ka­rang­an Wil­li­am Sha­kes­pea­re ”Ode­ro si po­te­ro. Si non vis ama­bo”. Ar­ti­nya, ka­lau aku bi­sa aku akan mem­ben­ci­mu, ka­re­na aku ti­dak bi­sa mem­ben­ci ma­ka aku akan te­tap men­cin­tai­mu! Hi­dup rak­yat! - 
Oleh : Ru­mong­so Pen­di­dik, ak­tif di Ko­mu­ni­tas Sa­pu Li­di
Opini Solo Pos 14 Desember 2010